Airlangga Karya Sanoesi Pane

 Apakah yang terjadi jikalau seorang putri mahkota menolak naik dingklik singgasana Airlangga Karya Sanoesi Pane
Apakah yang terjadi jikalau seorang putri mahkota menolak naik dingklik singgasana?
Begitulah, Sanggrama Wijayatunggadewi memutuskan meletakkan jabatan sebagai putri mahkota dan menentukan jalan sunyi sebagai pertapa berjulukan Dewi Kili Suci.

Perkelahian terjadi dijalan-jalan kota. Kahuripan dalam bahaya. Perang saudara membayang di pelupuk mata Airlangga. Singgasana akan diperebutkan oleh pangeran Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan. Kematian Narotlama kian mengecilkan hatinya. Airlangga jatuh, terengah-engah alasannya yaitu putus asa, dengan mata yang menatap mirip orang abnormal ia menemui Arya Bharad, mencari pintu keluar dari permasalahnanya.

Dari verbal Maharshi itu sejarah Jawadwipa bermetamorfosis layar lebar dihadapan Airlangga. kemudian rencana apa yang telah disusun oleh Agastya yang suci terhadap dirinya? Apa yang mungkin dilakukan Airlangga untuk menyelamatkan Kahuripan?

Airlangga merupakan drama dalam tiga babak ihwal kerajaan kahuripan yang terancam perpecahan. Ditulis oleh sastrawan ternama Sanoesi Pane dengan dialog-dialog indah mirip sebuah puisi. Buku ini merupakan catatan sejarah kerajaan kahuripan sebelum dibelah jadi dua dan airlangga turun takhta menjadi pendeta.

Detail Buku :

Judul : Airlangga
Penulis : Sanoesi Pane
Penerbit : Balai Pustaka
Cetakan keempat belas, 2010
ISBN : 979-407-326-1
Jumlah Halaman : 72 Hal
Baca Online | Download PDF


Post a Comment

0 Comments

close