Konflik Bersejarah - Perang Demi Perdamaian

 yang juga dikenal dengan nama Perang Ramadhan atau Perang Oktober  Konflik Bersejarah - Perang Demi Perdamaian
Perang Arab-Israel keempat, yang juga dikenal dengan nama Perang Ramadhan atau Perang Oktober 1973, ini di otaki oleh Anwar el-Sadat. Boleh jadi, tokoh yang menggantikan Presiden Ga mal Abdel Nasser sebagai penguasa Mesir pada bulan Sep tember 1970 ini merupakan pemimpin politik yang paling dinamis di Timur Tengah antara tahun 1970 dan 1979; ia menciptakan perang (1973) dan perdamaian (1979), memaksa Israel untuk menanggapi inisiatifnya.

Dalam perang yang berkobar pada tanggal 6 Oktober 1973 ini, tentara Mesir dan Suriah menyerang posisi-posisi Israel di sepanjang Terusan Suez dan Dataran Tinggi Golan. Serangan Arab sendiri direncanakan sebagai suatu perang terbatas, di mana Mesir dan Suriah hanya ingin merebut kembali wilayah mereka yang diduduki oleh Israel pada tahun 1967 dan memperlihatkan peringatan ke ras kepada Israel maupun Amerika Serikat bahwa status quo sehabis Perang Enam Hari tidak sanggup diterima.

Perang Yom Kippur juga mempunyai catatan penting lainnya. Penggunaan embargo minyak sebagai sebuah senjata politik oleh negara-negara Arab—suatu agresi bersama pertama dalam hal itu—mengubah konflik regional menjadi sebuah konflik global yang melibatkan seluruh Eropa Barat dan Jepang maupun Amerika Serikat. Lebih dari itu, hampir terjerumusnya Amerika Serikat dan Uni So viet dalam sebuah konflik selama perang itu semakin meng globalkan konflik Arab-Israel.

Inilah buku wacana dongeng Perang Yom Kippur, perang terbesar da lam Konflik Arab-Israel, serta perdamaian yang mengikutinya.

Detail Buku : 

Judul : Perang Demi Perdamaian - Kisah Perang Yom Kippur 1973
Penulis : Nino Oktorino
Penerbit : Elexmedia Komputindo
ISBN: 978-602-02-4280-4
Baca Online : Google Drive

Post a Comment

0 Comments

close