Utsman Ibn Affan Khalifah Penjunjung Al Quran

Utsman Ibn Affan Khalifah Penjunjung Al Alquran Utsman Ibn Affan Khalifah Penjunjung Al Quran
Sebelumnya kami membagikan kepada anda Umar Ibn Khattab Khalifah Penegak Keadilan, dan posting kali ini kami ingin kembali mengembangkan dengan anda salah satu sobat Nabi yang lain yaitu Khalifah Usman Ibn Affan.

Buku ini membahas ‘Utsman ibn ‘Affan, sang Khalifah ketiga. Di dalamnya dipaparkan sosok yang mempunyai sejarah yang agung, bahkan menyimpan kontroversi di tengah-tengah insan semenjak dahulu sampai sekarang. Adapun metodologi yang dipakai dalam buku ini sama dengan yang dipakai dalam buku lain yang mengupas sejarah hidup Abu Bakar, ‘Umar Ibn Khattab, ‘Ali, dan para sobat di sekitar Rasulullah Saw. Metode tersebut tak hanya mengulas catatan sejarahnya, tetapi juga mengandung ruh sejarah.

Gambaran yang sering muncul dalam benak insan kini wacana kehidupan ‘Utsman ialah jalan kehidupan yang berat, terjal, berliku, penuh dengan konfrontasi, fitnah, serta perselisihan. Hal demikian, berdasarkan sejarahwan, menciptakan mereka hanya bisa menuliskan tahapan-tahapan kejadian yang terjadi.



Menurut catatan sejarah, bahwasanya Khalifah ‘Utsman memikul tanggung jawab pemerintahan dalam situasi yang sangat sulit dan tiada bandingannya. Saya ingin memberikan bahwa pemimpin umat tersebut memikul beban berat dalam rentang waktu  yang  cukup  panjang,  yakni  sejak  berakhirnya  era  ke- nabian yang mengedepankan nilai-nilai wara‘, ketulusan, dan ketundukan sampai masa imperium yang identik dengan kegemerlapan, bahaya-bahaya, dan banyak sekali godaan.

Detail Buku:

Judul: UTSMAN IBN AFFAN
Penulis: Khalid Muhammad Khalid
Judul Asli: Wada‘an ‘Utsman
Penerjemah: Rashid Satari
Penerbit: Mizania
ISBN: 978-602-1337-14-1
Halaman: 172
Baca-Download: Google Drive

Post a Comment

0 Comments

close