Kepulauan Rempah-Rempah Oleh M. Adnan Amal

 telah meliputi pelbagai info penting mengenai daerah Maluku Utara selama  Kepulauan Rempah-rempah oleh M. Adnan Amal
Detail Buku:
Judul:  Kepulauan Rempah-rempah
Penulis: M. Adnan Amal
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, Cet Kedua 2016
ISBN: 978-602-424-166-7
Jumlah halaman: 532 halaman
Besar file: 4,09Mb

Baca-Download: Google Drive

Deskripsi:

BUKU  Kepulauan Rempah-rempah  telah meliputi pelbagai info penting mengenai daerah Maluku Utara selama 700 tahun, dan meliputi kurun waktu yang dimulai pada masa awal berdirinya kerajaan-kerajaan lokal yang lalu dikenal sebagai Kerajaan Moloku Kie Raha (1250) sampai masa lima tahun pasca- Proklamasi Kemerdekaan RI (1950). Di samping sarat dengan info kesejarahan sepanjang kurun waktu tersebut, buku ini juga telah memajang potret Maluku Utara hampir seutuhnya.

Pergolakan yang telah melanda daerah ini, baik yang bercorak internal antara sesama kerajaan lokal yang berkuasa untuk mengambarkan hegemoni politik, maupun antara kerajaan lokal versus kekuasaan gila kolonialis untuk mempertahankan integritas dan harga diri, sampai antara  kekuasaan  asing  an  sich untuk memantapkan efek politik imperialistis dalam rangka memperebutkan hak-hak monopoli perdagangan rempah-rempah, telah berlangsung selama hampir tiga era (1500-1800).  

Pergolakan-pergolakan menyerupai itulah yang telah mewarnai sejarah Maluku Utara selama tiga ratus tahun, yang berakhir dengan hilangnya kebebasan, kemerdekaan dan integritas rakyat Maluku Utara, sama menyerupai rakyat daerah-daerah lain di seluruh Nusantara.

Post a Comment

0 Comments

close