Pendidikan Huruf Berbasis Sastra Penulis Rohinah M. Noor

Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Penulis Rohinah M Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Penulis Rohinah M. Noor

Detail Buku:

Judul: Pendidikan Karakter Berbasis Sastra
Penulis: Rohinah M. Noor
Penerjemah: Yulaechah Fitriyah
Penerbit: Ar-Ruzz Media, 2011
ISBN: 978-979-25-4857-0
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 175 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 832Kb

Deskripsi:

Karya sastra merupakan hasil dari sebuah kebudayaan. Hal ini disebabkan karya sastra merupakan hasil kreasi dari seorang sastrawan yang hidup terkait dengan tata kehidupan masyarakatnya. Sastra berada dalam kekerabatan antara kebebasan kreasi pengarang dan kekerabatan sosial yang di dalamnya terdapat etika, norma, dan kepentingan ideologis, bahkan juga kepercayaan agama. Oleh lantaran itu, sastra menjadi produk individual yang pada dikala ia berada di tengah masyarakat, seketika itu pula ia dipandang menjadi pecahan dari kehidupan masyarakat.

Adanya kekerabatan tersebut mengatakan bahwa karya sastra memiliki kesempatan untuk menjadi sarana dalam mengubah kondisi sosial masyarakatnya. Bahkan, Umar bin Khattab pernah berwasiat kepada rakyatnya, “Ajarilah anak-anakmu sastra, lantaran sastra menciptakan anak yang pengecut menjadi jujur dan pemberani.” Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang baik dan bermanfaat yang dimunculkan dalam sebuah karya yang nantinya akan diapresiasi oleh para pembaca dan penikmat sastra, khususnya anak-anak.

Buku yang ada di tangan pembaca ini mencoba mengupas kekerabatan tersebut. Tentang bagaimana kekerabatan antara sastra, agama, dan revolusi sosial. Dijabarkan pula perihal bagaimana fungsi sastra bisa membangun huruf anak didik. Selain itu, bagaimana kondisi gotong royong pendidikan sastra di negara kita dan di negara lain? Semua dikupas dalam buku ini. Dengan harapan, kita sanggup memahami pentingnya mengenal dan mengapresiasi karya sastra sebagai media untuk pembentukan karakter.




Post a Comment

0 Comments

close