Pramoedya Ananta Toer - Biografi Singkat 1925-2006

 Menghadirkan sosok Pramoedya Ananta Toer ialah menghadirkan sejumlah kontroversi Pramoedya Ananta Toer - Biografi Singkat 1925-2006

Menghadirkan sosok Pramoedya Ananta Toer ialah menghadirkan sejumlah kontroversi. Sosok Pram pernah dicitrakan sebagai corong kaum komunis yang memberangus kebebasan lawan-lawannya. Namun, dis sendiri mencicipi panas pedihnya pemberangusan itu. Sejumloah karyanya dihentikan beredar dan beberapa bahkan dimusnahkan hingga tak bersisa. Tidak hanya itu, berpuluh-puluh tahun ia menghuni kamar penjara dari zaman penjajahan Belanda, Orde Lama, hingga Orde Baru. PAntaskan PRam dipenjara sekian lama?

Pada kenyataannya tidak ada sesuatu pun yang bisa mematikan sosok inteletual seorang Pram. Di dalam penjara, justru karya-karya masterpiece lahir tak terbendung jumlahnya, dari mulai cerpen hingga tetralogi Karya Buru yang menggoncangkan dunia sastra Indonesia. Mungkin Pramlah satu-satunya sastrawan Indonesia yang namanya melejit dalam sastra dunia. Dia beberapa kali dinominasikan sebagai kandidat peserta hadiah nobel dalam bidang sastra.

Terlepas dari pro kontranya, segala pencapaian Pram patut kita apresiasi. Buku yang ada di tangan Anda ini ialah biografi Pramoedya Ananta Toer yang menceritakan kisah kehidupan Pram, dari kelahiran hingga kematian, kegiatan politik hingga kehidupan pribadi, pandangan hidup hingga humor-humornya, serta latar belakang dan proses kreatifnya membuat sejumlah karya-karya besar. Pram ialah anak semua bangsa.

Detail Buku:

Judul: Pramoedya Ananta Toer - Biografi singkat (1925-2006)
Penulis: Muhammad Rifai
Penerbit: Garasi House of Books, cetakan 2 2014
ISBN : 978-979-25-4777-1
Jumlah Halaman: 300
Baca-Download : Google Drive

Post a Comment

0 Comments

close