Anak Bajang Menggiring Angin Karya Sindhunata Pdf

Anak Bajang Menggiring Angin  karya Sindhunata PDF Anak Bajang Menggiring Angin  karya Sindhunata PDF

Detail Buku:

Judul: Anak Bajang Menggiring Angin
Penulis: Sindhunata
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Cet Kesepuluh 2015
ISBN: 978-602-03-1252-1
Jumlah halaman: 474 halaman
Besar file: 6,54Mb
Review: Goodreads

Deskripsi:

"Terimalah perhiasanku ini, Nak," kata Dewi Sukesi. Dan wanita renta ini pun mengalungkan untaian kembang kenanga di dada Kumbakarna! Mendadak alam pun membalik ke masa lalu. Tanpa malu-malu. Jeritan kedukaan menjadi madah syukur sukacita. Bermain-main belum dewasa bajang di tepi pantai, padahal maut sedang berjalan mengintai-intai. Gelombang lautan hendak menelan belum dewasa bajang, tapi dengan kapal maut belum dewasa bajang malah berenang-renang menyelami kehidupan. Hujan kembang kenanga di mana-mana, dan Dewi Sukesi pun tahu, penderitaan itu ternyata demikian indahnya. Di dunia macam ini, kebahagiaan seakan hanya keindahan yang menipu. Sukesi terbang ke masa lalunya, ke pelataran kembang kenanga. Ia tahu kegagalannya untuk memperoleh Sastra Jendra ternyata disebabkan oleh ketaksanggupannya untuk menderita. Ia rindu akan kebahagiaan yang belum dimilikinya, dan lantaran kerinduannya itu ia malah membuang miliknya sendiri yang paling berharga, penderitaannya sendiri. Dan pada Kumbakarna lah sekarang penderitaan itu menjadi raja.



Sejak penerbitannya yang pertama, buku Anak Bajang Menggiring Angin ini sangat disukai para pembaca. Oleh banyak pengamat sastra, buku ini dianggap sebagai cerita wayang yang bernilai sastra. Pengarang menimba inspirasi penulisan buku ini dari cerita Ramayana, yang hidup dalam masyarakat Jawa.

Karena gaya bahasa sastranya yang khas, lantaran imajinasi simboliknya yang kaya, dan lantaran penggalian makna-makna filosofis yang dalam, buku ini tak sanggup dianggap sebagai sekadar salah satu versi dari cerita Ramayana, melainkan sebagai penciptaan kembali cerita tradisional Ramayana ke dalam bentuk sebuah cerita sastra. Buku ini menampilkan suatu kisah, yang mengandung sesuatu kemustahilan, sesuatu yang absurd bagi pengalaman biasa, sesuatu impian kosong kalau dipandang dari kenyataan harian manusia. Tapi kekuatan dari karya sastra ini justru terletak dalam menampilkan impian-impian itu menjadi suatu jalinan cerita insani, yang menciptakan impian-impian itu tampil sebagai impian yang dirindukan manusia. Siapa sanggup memastikan : apakah kenyataan itu bergotong-royong impian dan impian itu justru bergotong-royong kenyataan? Karya sastra ini memberi harga yang mahal dan nilai yang tinggi terhadap impian manusia.


Post a Comment

2 Comments

close