Buku Bimbingan Konseling Di Taman Kanak-Kanak

 Buku yang ada di tangan para pembaca yang budiman ini yaitu buku yang menyajikan wacana Buku Bimbingan Konseling di Taman Kanak-kanak

Detail Buku:

Judul: Bimbingan Konseling di Taman Kanak-kanak
Penulis: Dr. Ahmad Susanto, M.Pd.
Penerbit: Prenada Media, 2015
ISBN: 978-602-1186-91-6
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 427 halaman
Jenis File: PDF
Besar file:5,82Mb

Deskripsi:

Buku yang ada di tangan para pembaca yang budiman ini yaitu buku yang menyajikan wacana bimbingan dan konseling di taman kanak-kanak. Buku ini ingin memperlihatkan bekal bagi para guru, maha- siswa, para orangtua, serta para pemerhati pendidikan, terutama pen- didikan anak usia dini. Penulis menyadari pentingnya bimbingan dan konseling bagi anak dalam rangka membekali sikap dan sikap serta menyebarkan kemampuan dan keterampilan anak untuk perkem- bangan selanjutnya. Karena disadari bahwa imbas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat kuat terhadap banyak sekali as- pek, termasuk sikap anak.

Dampak negatif dari imbas ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, yang sangat dirasakan pada ketika ini yaitu semakin mening- katnya kenakalan bawah umur dan remaja, menyerupai sikap agresif, ke- nakalan remaja, menurunnya prestasi belajar, kurang kemandirian, serta rasa ketergantungan yang tinggi pada orangtuanya. Permasalah- an lainnya yaitu banyak anak yang kurang mandiri, rasa kurang per- caya diri (pemalu), ingin menang sendiri, ingin selalu berkuasa, suka mengganggu teman, dan masih banyak anak yang selama berada di sekolah harus ditunggui oleh orangtuanya.

Taman kanak-kanak merupakan forum pendidikan kawasan pe- nyelenggaraan pendidikan bagi bawah umur usia dini dibutuhkan sanggup menyebarkan kompetensi siswanya yang mencakup perkembangan akademis, keterampilan sosial, dan mempunyai kemandirian. Guru sebagai tenaga profesional mempunyai kiprah utama untuk mendidik, meng- ajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain itu, guru juga mempunyai fungsi sebagai pembimbing. Tugas guru sebagai pembimbing yaitu melihat dan menelaah karakteristik anak serta mengarahkan anak untuk dikem- bangkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Program bimbingan dan konseling perlu dilakukan di Taman Kanak-kanak yang di- tujukan untuk memperlihatkan proteksi kepada anak dalam rangka upa- ya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan. Keberadaan bimbingan dan konseling di Taman Kanak-kanak mendukung perkembangan interpersonal dan intrapersonal anak. Pembimbing atau konselor berperan dalam mengarahkan anak untuk hal-hal yang berkenaan dengan, antara lain: (a) mengarahkan anak untuk memi- liki kemampuan ekspresi untuk bertanya, menolong atau membantu permasalahannya; (b) membantu anak mengekspresikan perasaannya dan membangun sikap faktual bagi dirinya dan temannya; (c) taktik membangun korelasi dipakai sebagai peningkatan tingkah laku, dan penjelasan perasaan; dan (d) membantu mengurangi keterbatasan anak dalam hal keterbatasan tipe tingkah laku.

Sejak usia dini, seluruh kecerdasan anak perlu dikembangkan dan menerima bimbingan. Melalui bimbingan dibutuhkan sanggup memper- siapkan generasi penerus yang mempunyai banyak sekali kemampuan untuk pengembangan dirinya semenjak usia dini. Namun upaya ke arah tersebut, sepertinya masih kurang diperhatikan oleh para hebat pendidikan dan anak kurang dikembangkan secara optimal. Oleh sebab itu, melalui buku ini, penulis terdorong untuk memperlihatkan sumbangsih pemikir- an wacana bimbingan dan konseling di taman kanak-kanak, dengan impian sanggup memperlihatkan pandangan, wawasan, serta pengetahuan bagi mereka yang bergelut di bidang Pendidikan Anak Usia Dini atau di taman kanak-kanak.



Post a Comment

0 Comments

close