Gandhi Insan Bijak Dari Timur - Biografi Singkat Mahatma Gandhi

 Sejarah insan di dunia ini selalu disertai dengan kehadiran orang Gandhi Manusia Bijak dari Timur - Biografi Singkat Mahatma Gandhi

Detail Buku:

Judul: Gandhi Manusia Bijak dari Timur
Penulis: Wied Prana
Penerbit: Garasi, 2014
ISBN: 978-979-25-4747-4
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 186 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 1,56Mb
Review: Goodreads

Deskripsi:

Sejarah insan di dunia ini selalu disertai dengan kehadiran orang-orang besar yang berhasil menuliskan dongeng hidupnya dengan tinta emas. Salah satunya yakni Mahatma Gandhi atau Mohandas Karamchand Gandhi. Gandhi kecil pantas mengucap syukur. Dia lahir dan dibesarkan di keluarga terhormat dengan penuh kasih. Ayahnya yakni seorang Dewan yang selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama, sedangkan ibunya, perempuan salehah yang menanamkan nilai-nilai agama. Meskipun demikian, ketika kecil, Gandhi tidak sanggup digolongkan sebagai anak baik. Dia pernah merokok, mencuri bahkan mengunjungi rumah bordil. Saat menempuh pendidikan di Inggris, gaya hidupnya menjadi kebarat-baratan.

Kisahnya berlanjut di Afrika Selatan. Di tempat pengujung Benua Afrika tersebut, Gandhi mendapat pencerahan. Perlakuan diskriminatif yang diterimanya, bangsanya juga buruh tambang dan budak telah membuka matanya. Mulai ketika itulah Gandhi mengabdikan seluruh hidupnya untuk usaha kemanusiaan melawan segala bentuk penindasan. Dia telah berubah menjadi menjadi cahaya penerang dari Timur.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, anutan Gandhi kerap mendatangkan perdebatan sengit. Prinsip nir-kekerasan yang terdengar manusiawi dan penuh kasih sayang ternyata justru mengakibatkan pertumpahan darah yang mengerikan. Berjuta- juta orang India bergelimpangan di jalan ketika mereka menjadi satyagrahis. Apakah ini yang dimaksud Gandhi? Pada balasannya evaluasi bersifat personal dan subjektif. Anda sanggup menilai apakah Gandhi seorang pejuang kemanusiaan, politikus rendah hati, atau seorang diktator. Anda sanggup menilai sendiri ketika membaca buku biogra?  singkat ini.




Post a Comment

0 Comments

close