Lingkar Tanah Lingkar Air Karya Ahmad Tohari Pdf

Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari PDF Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari PDF

Detail Buku:

Judul: Lingkar Tanah Lingkar Air
Penulis: Ahmad Tohari
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2015
ISBN:  978-602-03-1860-8
Jumlah halaman: 172 halaman
Besar file: 1,41Mb
Review: Goodreads


Deskripsi:

Pergolakan perang mempertahankan kemerdekaan RI antara tahun 1946—1950 menyeret banyak cowok kampung ke dalam kancah usaha bersenjata. Di antara mereka yaitu Amid dan kawan-kawan yang berjuang di bawah panji Hizbullah. Amid dan kawan-kawan bertempur dan membela kemerdekaan RI sebagai kewajiban iktikad mereka. Amid langsung bertekad sesudah situasi hening akan bergabung menjadi anggota tentara resmi negara.

Tetapi sejarah membawa Amid masuk menjadi anggota laskar DI/TII yang menentang Pemerintah RI. Amid yang bersama-sama seorang yang sangat cinta Tanah Air sering bimbang alasannya yaitu pasukannya sering memerangi warga seagama, bahkan suatu kali Amid menembak mati seorang tentara yang di sakunya tersimpan kitab suci dan tasbih. Dia tidak duka dikala Khalifah DI/TII Sekarmadji Maridjan Kartosuwirjo tertangkap dan menyerukan seluruh laskarnya menyerahkan diri.

Tiga tahun lalu Amid dan kawan-kawan malahan diminta oleh tentara untuk membantu menumpas pasukan komunis yang bertahan di hutan jati. Mereka kembali mengangkat senjata, kali ini atas nama Tentara RI, sesuatu yang pernah amat didambakan Amid; bertempur dengan semangat jihad untuk Republik.



Post a Comment

0 Comments

close