Studi Al-Qur’An Komprehensif Ulumul Quran Jilid 2 Karya Imam Suyuthi

 

  sekaligus daerah terbit segala jenis ilmu Studi Al-Qur’an Komprehensif Ulumul Alquran Jilid 2  karya Imam Suyuthi

Detail Buku:

Judul: Studi Al-Qur’an Komprehensif Ulumul Alquran Jilid 2
Penulis: Imam Suyuthi
Penerbit: Indiva Media, 2008
ISBN: 978-979-17461-6-8
Jumlah halaman: 992 halaman
Besar file: 33,1Mb

Deskripsi:

Al-Qur’an ialah sumber segala ilmu, orbit semua ilmu, sekaligus daerah terbit segala jenis ilmu. Di dalamnya, Allah SWT memuat pengetahuan wacana segala sesuatu, serta menjelaskan perkara-perkara yang benar dan sesat. Dari Al-Qur’an inilah para ulama mengambil rujukan.
Ahli fikih menyebabkan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai sumber tertinggi dalam menetapkan kaidah halal dan haram. Ahli ilmu nahwu telah menjadikannya sebagai sandaran dalam kaidah-kaidah i’rabnya dan menjadikannya sebagai referensi dalam mengetahui salah dan benarnya suatu perkataan. Ulama andal balaghah (sastra) menyebabkan Al-Qur’an sebagai standar untuk mengetahui susunan kata yang baik dan teratur, dan menyebabkan aneka macam keindahan bahasanya sebagai standar untuk menciptakan ungkapan kata. Kisah-kisah dan berita-berita di dalamnya menjadi peringatan bagi orang-orang yang berakal, nasihat-nasihat dan ilustrasi-ilustrasinya  menjadi pengingat bagi orang-orang yang berpikir dan mau mengambil pelajaran.
Subhanallah, betapa dahsyatnya Al-Qur’an. Sebagai muslim sejati, yang menyebabkan Al-Qur’an sebagai referensi tertinggi, mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur’an ialah kewajiban yang sangat tinggi. Dalam karyanya yang fenomenal ini, Imam Suyuthi menyusun ilmu-ilmu dalam Al-Qur’an itu secara urut dan rapi, lalu diuraikan secara terperinci. Selain itu, dia juga menambahkan aneka macam faedah, kaidah, klarifikasi dan aneka macam keunikan yang istimewa. Inilah kitab mulia yang dia beri nama al-Itqan fi Ulumil Qur’an. Kitab kedua yang wajib Anda miliki sesudah Al-Qur’an itu sendiri. Dengan membaca kitab ini, maka akan terbentang luas di depan Anda, betapa dahsyatnya kandungan Al-Qur’an, dan betapa meruginya kalau kita tidak menyebabkan kitab agung itu sebagai panutan.


Post a Comment

0 Comments

close