Detail Buku:
Judul: Etika dan Filsafat Komunikasi
Penulis: Muhamad Mufid
Penerbit: Prenada Media, 2015
ISBN: 978-979-1486-72-9
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 326 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 1,56Mb
Deskripsi:
Buku ini membahas pendekatan filsafat dengan titik berat pada kajian-kajian etis terhadap studi komunikasi, baik sebagai ilmu (tingkat teoretis-konseptual) sebagaimana tampak dalam banyak sekali teori, pemikiran, asumsi, dan pandangan perihal komunikasi, maupun sebagai sebuah aplikasi (tingkat praksis) sebagaimana tampak dalam sikap dan tindakan berkomunikasi khususnya yang memakai media (cetak dan elektronik).Karena titik beratnya yakni kajian etis, maka nama untuk kajian ini yakni moral dan filsafat komunikasi, dan bukan filsafat dan moral komunikasi. Kata filsafat tetap digunakan dan ditempatkan pada urutan setelah kata moral sebab pada bagian-bagian awal dari kuliah ini berisi sebuah pengantar umum yang sangat singkat perihal apa itu filsafat. Pengantar ini perlu diberikan selain semoga para mahasiswa maupun pembaca pada umumnya sanggup masuk ke dalam studi moral (komunikasi) yang merupakan salah satu cabang dari filsafat, juga untuk memberi landasan pengetahuan filsafat sebab di banyak fakultas komunikasi tidak dijumpai mata kuliah pengantar filsafat.
Selain berupa pengantar, aspek filosofis juga hadir dalam pembahasan perihal metateori komunikasi, yaitu filsafat perihal teori komunikasi.
Pertama kajian ini membahas filsafat, baik dari segi teori maupun praksis, sebagai landasan untuk berpikir secara mendasar, metodis dan kritis, sekaligus sebagai pemicu semoga mahasiswa sanggup berbagi banyak sekali isu-isu fundamental dalam diskursus komunikasi pada umumnya, dan moral komunikasi pada khususnya.
Kedua, kajian ini membahas moral komunikasi. Seba- gaimana kita ketahui, terdapat sejumlah kajian lain yang terkait dengan moral dalam lingkup fakultas komunikasi, menyerupai moral penyiaran, moral humas dan moral marketing. Apa yang menimbulkan kajian “Etika dan Filsafat Komunikasi” berbeda dengan kajian moral yang lain yakni ba- hasan moral dalam kajian ini lebih bersifat filosofis, yakni mengkaji moral dari sisi asal-muasalnya, sekaligus menggali nilai-nilai lain yang lalu diterapkan sebagai pecahan dari nilai etika. Kedua hal ini tidak kita jumpai dalam kajian moral lainnya.
Ketiga, kajian ini membahas aspek-aspek komunikasi selain secara mekanis juga secara filosofis. Ketika dikatakan komunikasi yakni berkaitan dengan pesan, maka kajian ini membahas pesan juga dari sisi filosofis, yakni apa yang dimaksud pesan, mengapa ada pesan dan bagaimana pesan itu timbul. Hal-hal filosofis tersebut lagi-lagi tidak kita jumpai di kajian lain. Begitu juga dengan aspek komunikasi lainnya, menyerupai teknologi komunikasi, insan sebagai pelaku komunikasi, dan seterusnya.
0 Comments