Republik Ken Arok Karya Candra Malik Pdf

Republik Ken Arok karya Candra Malik PDF Republik Ken Arok karya Candra Malik PDF

Detail Buku:

Judul: Republik Ken Arok
Penulis: Candra Malik
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2016
ISBN: 9786026208842
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 276 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 3,91Mb

Deskripsi:

Ada esai artinya ada orang yang berpikir. Di negeri menyerupai Indonesia, mesti disyukuri jikalau ada orang yang merelakan dirinya berpikir, menimbulkan aktivitas berpikir demi aliran itu sendiri sebagai pekerjaan, bahkan menjadi kehidupannya.

Apa bedanya berpikir dengan tidak berpikir, sehingga sebelum bertindak seseorang sebaiknya lebih dulu berpikir? Berpikir itu ar- tinya membongkar mitos. Kalau belum membongkar, tentu belum cukup berpikir. Artinya yang tidak berpikir hidupnya dikuasai mitos, padahal mitos sama saja dengan berhala.

Bayangkan jikalau suatu tindakan, pembangunan bangsa misal- nya, dijalankan tanpa aliran yang teruji! Itulah yang menciptakan esai-esai menyerupai yang terdapat dalam buku kumpulan esai Republik Ken Arok ini layak dibaca.
- SENO GUMIRA AJIDARMA, Sastrawan


Membaca Candra Malik menyerupai mengeja ayat-ayat Cinta, yaitu Cinta pada agamanya, negerinya, tanpa meninggalkan budayanya. Ia yakni perpaduan antara Islam, Indonesia, dan Jawa. Membaca karya Candra Malik, sebagaimana dalam sekumpulan esai Republik Ken Arok ini yakni membaca potret Nusantara. 
- MAMAN SUHERMAN, Kriminolog Universitas Indonesia, Penulis Novel Re:

Buku Republik Ken Arok ini lezat dibaca alasannya yakni disajikan dengan sangat lincah dalam penggunaan kata-kata dan penyusunan kalimat. Terbukti lagi, goresan pena yang lincah mendayu, ringan, bercanda, dan menyindir tak selalu menjadi sekedar ekspresi kegenitan orang iseng atau kejengkelan orang yang gelisah. Ia sanggup serius dan mendalam. Buku ini menyadarkan bahwa kita berada dalam situasi jelek alasannya yakni kehilangan kepercayaan pada diri sendiri, kepercayaan kepada orang lain, dan kepercayaan dari orang lain, sehingga kehilangan pula rasa kebersamaan yang selalu kita banggakan sebagai warisan budaya adiluhung kita.

Buku ini juga membeber dengan lezat wacana potret kekinian kita sebagai potret kemunculan kepenguasaan Ken Arok dalam bernegara. Ada dongeng wacana Lembu Peteng, ada pula petuah wacana filosofi kiprah Ratu Adil, dan banyak hal lain. Semuanya ditulis dengan mengalir lincah sehingga tidak membosankan membacanya berlama- usang dan tidak menyulitkan untuk menangkap pesan susbtantifnya. Sulit membantah bahwa Candra Malik, penulis buku ini, yakni pe- nulis yang lihai dengan pemahaman dan citarasa yang penuh tenggang rasa terhadap problem-problem kita. 
- PROF MOHAMMAD MAHFUD MD, Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013.

Kesufian Candra Malik pribadi terasa dikala membaca tulisan-tulisan dalam buku sekumpulan esai Republik Ken Arok, yang pernah diterbitkan di aneka macam media. Selain humor yang cerdas, juga kebijaksanaan yang seringkali mengejutkan alasannya yakni berbeda dengan dugaan kita. 
- BONDAN WINARNO, Penulis


Post a Comment

0 Comments

close