Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam Jilid 3 Pdf Karya Adonis

 Adonis lebih memfokuskan kajiannya pada kontradiksi yang terjadi di kalangan masyarakat  Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam Jilid 3 PDF Karya Adonis

Detail Buku:

Judul: Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam Jilid 3
Penulis: Adonis
Alih Bahasa: Khairon Nahdiyyin
Penerbit: LKis, 2012
ISBN: 978979128378-6
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 313 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 1,60Mb

Deskripsi:

Pada buku ketiga (Jilid 3) yang kini ada di tangan pembaca, Adonis lebih memfokuskan kajiannya pada kontradiksi yang terjadi di kalangan masyarakat Arab-Islam kurun pertengahan dan masa kebangkitan, khususnya terkait dengan dilema modernitas.

Modernitas yang muncul ketika ini, berdasarkan Adonis, merupakan perpanjangan dari apa yang disebut sebagai tahawwul (perubahan), dan perubahan muncul dari perkiraan adanya kekurangan atau tidak adanya pengetahuan di masa lampau. Kekurangan atau ketiadaan ini mungkin sanggup diganti dengan mengambil sesuatu untuk aliran atau pengetahuan tertentu dari bahasa aneh ini atau itu, namun mungkin juga ia sanggup dijawab dengan melaksanakan upaya kreativitas. Dengan demikian, modernitas yakni menyatakan sesuatu yang belum diketahui oleh tradisi kita, atau mengungkapkan sesuatu yang tidak diketahui dari satu sisi, dan mendapatkan ketidakberhinggaan pengetahuan di sisi yang lain.

Pada buku ketiga ini Adonis berusaha menampilkan kembali seluruh problematika di atas dengan cara memaparkan pandangan- pandangan para pemikir dan ilmuan Arab melalui para juru bicara- nya. Di sini, Adonis menentukan beberapa tokoh yang dianggap represen- tatif mewakili kegelisahan masyarakat Arab-Islam dalam menghadapi modernitas, baik bunyi dari pihak yang menghendaki kemapanan maupun yang menghendaki perubahan-kreativitas. Pada bab awal Adonis menampilkan empat tokoh-ilmuan yang mewakili kedua ke- cenderungan tersebut, khususnya pada kurun pertengahan. Mereka yakni Al-Qadhi Abd al-Jabbar, al-Imam al-Ghazali, al-Farabi, dan Ibn Taimiyah.

Post a Comment

0 Comments

close