365 Cerita Pola Islam

Buku 365 Kisah Teladan Islam ini mengarahkan bawah umur membaca atau mendengar kisah-kisah yang mengandung nilai edukatif yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, buku 365 Kisah Teladan Islam ini dibutuhkan sanggup menjadi acuan kisah-kisah Islami yang sanggup diajarkan oleh orangtua atau pendidik kepada bawah umur mereka.

Kisah-kisah Islam merupakan salah satu hal yang sangat diminati oleh bawah umur dan penting diberikan pada mereka. Kisah-kisah Islam yang diberikan oleh orangtua atau dibaca anak akan mempunyai efek yang cukup besar, di antaranya sebagai hiburan edukatif yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, muatan kisah-kisah Islam yang mempunyai “gizi spiritual” akan sanggup meningkatkan keimanan dan pengetahuan agama sang anak. Oleh sebab itu, dalam hal ini kisah-kisah Islam akan menjadi sarana yang baik bagi peningkatan pengetahuan spiritual anak.

Buku ini memuat 365 Kisah Teladan Islam yang disarikan dari kisah-kisah bermakna yang ada dalam Al-Quran, hadits, kitab-kitab, ataupun banyak sekali buku dan sumber yang berkaitan dengannya. Buku ini mempunyai ciri khas dari sisi isi ceritanya meliputi tema-tema yang dipelajari anak di sekolahnya. Masing-masing tema disajikan secara berurutan selama tujuh hari, Al-Quran/ Hadits, Akidah/ Keimanan, Fiqih/ Ibadah, Akhlak, Kisah Para Sahabat, Kisah-Kisah Menakjubkan, dan Kisah-Kisah Teladan Lain. Buku ini juga dilengkapi pesan dari setiap dongeng untuk mengingatkan anak perihal inti dongeng yang sanggup diteladaninya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa petunjuk bagi orangtua dalam mendampingi putra-putrinya saat membaca buku 365 Kisah Teladan Islam ini.

  1. Berikan motivasi kepada anak biar mempunyai ketertarikan untuk membaca dongeng dalam buku 365 Kisah Teladan Islam ini.
  2. Ciptakan suasana obrolan yang hangat untuk menggali isi dongeng dan memahami pesan yang sanggup ditangkap anak dalam setiap cerita.
  3. Latihlah anak untuk mengamalkan isi cerita. Misalnya, dongeng perihal sedekah. Ajaklah anak untuk menyisihkan sebagian apa yang dimilikinya untuk diberikan pada orang yang membutuhkan. Ajak pula anak untuk berkunjung ke daerah korban peristiwa atau pada fakir miskin, kemudian mintalah ia untuk menyerahkan sedekah secara langsung. Setelah itu, ajak anak untuk flash back (kilas balik) pada dongeng yang berkaitan dengan sedekah, kemudian tanyakan bagaimana perasaannya. Pelajaran apakah yang sanggup ia petik? Demikian juga dongeng yang berkaitan dengan akidah, Al-Quran, kisah-kisah menakjubkan, dan lainnya.
  4. Berikan apresiasi terhadap apa yang diperoleh anak dari dongeng dari buku ini.

Detail Buku :

Judul : 365 Kisah Teladan Islam
Penulis : Ariany Syurfah, M. Hum, M. Ag
Penerbit : Penebar Swadaya

ISBN: 978-979-788-259-4
Jumlah Halaman : 322

Post a Comment

0 Comments

close