Beda Pendapat Di Tengah Umat

 Perbedaan ialah sesuatu yang lumrah dalam hidup ini Beda Pendapat di Tengah Umat
Perbedaan ialah sesuatu yang lumrah dalam hidup ini. Dilihat dari sisi fisik saja, kita sudah harus menginsyafi “kewajiban untuk berbeda” ini. Kita tahu, meskipun ada beberapa insan yang dilahirkan kembar, namun tidak pernah ditemukan insan kembar yang sama persis. Demikian pula, di antara berjuta-juta insan tidak ada satu pasang pun yang mempunyai sidik jari yang sama. Masing-masing mempunyai kekhasan dan ciri yang membedakan. Begitu pula dengan retina mata, warna kulit, susunan gigi, dan bagian-bagian badan yang lain.

Sayangnya, kesadaran akan perbedaan di wilayah lahiriyah ini kerap terlupakan saat kita menginjak wilayah yang aneh dan batin. Tak ayal, perbedaan di wilayah batin ini kerap memicu masalah dan perdebatan. Jangankan perbedaan iman dan agama yang jelas-jelas mempunyai jurang pemisah; perbedaan pendapat dalam satu agama saja seringkali memicu pertikaian yang sia-sia. Salah satu alasannya ialah dari pertikaian ini, tak lain ialah kurangnya wawasan di satu sisi, dan kefanatikan yang membuta terhadap sekte, pendapat, golongan, madzhab, ataupun agama masing-masing pihak di sisi lain.

Buku yang ada di hadapan pembaca yang berjudul Beda Pendapat di Tengah Umat ini ialah sebuah perjuangan dari seorang pembaharu di India era ke-12 syah Waliyullah Ad Dahlawi dalam menyikapi fenomena beda pendapat ini. Selain merangkum sebab-sebab perbedaan pendapat di antara para ulama, buku ini juga disertai dengan contoh-contoh perihal “titik tengkar” dari pendapat-pendapat yang berbeda itu. Dengan demikian, diperlukan buku ini sanggup mengantar kita untuk semakin menyadari bahwa perbedaan pendapat ialah sesuatu yang harus dimaklumi. Lebih luas lagi, cita-cita perihal masyarakat yang toleran dan damai, serta slogan Bhineka Tunggal Ika, diperlukan akan terealisir di bumi Nusantara. Semoga.

Detail Buku :

Judul : Beda Pendapat di Tengah Umat Sejak Zaman Sahabat sampai Abad Keempat
Penulis :  Syah Waliyullah Ad Dahlawi
Penerjemah : KH. A. Aziz Masyhuri
Penerbit : Pustaka Pesantren
ISBN : 979-8452-82-8
Jumlah Halaman : 152
Baca - Download : Google Drive

Post a Comment

0 Comments

close