Cara Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik

Cara Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK Cara Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis karya publikasi ilmiah dalam konteks pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan (PKB). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sejatinya dijadikan sebagai upaya berkesinambungan untuk perbaikan dan peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran sehingga pada gilirannya berdampak pada upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Baik-buruknya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sangat ditentukan oleh baik- buruknya perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran yang dikelola guru. Oleh sebab itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sejatinya tidak hanya hanya ditujukan untuk kepentingan pragmatis dalam arti sempit, yaitu sebagai syarat untuk kenaikan pangkat dan selama periode kenaikan pangkat guru tidak lagi melakukannya. PTK sejatinya merupakan sarana bagi guru untuk menyebarkan profesinya secara berkelanjutan, melaksanakan penemuan pembelajaran serta dalam upaya melaksanakan perbaikan pembelajaran secara berkesinambungan (learning continous improvement).

Tidak sanggup dimungkiri bahwa selama ini pengembangan profesi guru dalam kaitannya dengan kenaikan pangkat mengalami banyak kendala. Kendala fundamental yang dialami guru ialah akhir rendahnya kemampuan guru melaksanakan penelitian tindakan kelas dan rendahnya “budaya menulis” dikalangan guru. Namun, rendahnya kemampuan guru melaksanakan penelitian tindakan kelas dan rendahnya “budaya menulis” di kalangan guru tersebut disadari bukan sebab guru tidak memandang perlu perbaikan dalam pembelajaran, bukan pula sebab guru tidak mengetahui cara menciptakan karya tulis atau karya publikasi ilmiah yang berjulukan PTK. Masalah yang fundamental ialah guru sering kebingungan perihal bagaimana menulis, dari mana mengawali menulis, serta apa yang harus ditulis dalam sebuah tawaran atau Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Buku Cara Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK ini diperlukan menjadi wangsit bagi guru untuk mulai menulis sehingga guru bisa menulis dan menimbulkan budaya menulis sebagai kebiasaan. Melakukan dan menulis PTK tidak sulit, yang sulit ialah “kemauan untuk memulai menulis”.

Detail Buku :

Judul : Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK
Penulis : Dr. H. Dadang Yudhistira, Drs., S.H., M.Pd
Penerbit : Grasindo
ISBN : 978-602-251-079-6
Jumlah Halaman : 235
Baca - Download : Google Drive

Post a Comment

0 Comments

close