Pembawa Kabar Dari Andalusia Karya Ali Al Ghareem

Pembawa Kabar dari Andalusia karya Ali Al Ghareem Pembawa Kabar dari Andalusia karya Ali Al Ghareem
“Bernyanyilah engkau di atas Bukit Andalusia bagaikan burung bulbul. Hiduplah dengan orang yang selama ini mengagumimu, Aisyah binti Galib.”

Novel yang tidak mengecewakan eksotis ini buatku menyisakan sebuah jejak anutan akan peranan perempuan di balik kehidupan para pria.

Sedikit sinopsis jalan dongeng Novel yang menghadirkan sosok Aisyah binti Galib, gadis yang parasnya berpadu segala keindahan eksotis Arab dan Spanyol itu yaitu malapetaka utusan Raja Spanyol yang menginginkan kehancuran peradaban cemerlang Andalusia.

Dia yaitu muara segala kecantikan duniawi. Senyumnya malu-malu, berseri bagaikan cahaya matahari menyinari bunga yang tengah mekar. Keremajaannya dikelilingi cahaya dan sinar kemilauan. Tutur katanya yaitu musik terindah untuk setiap indera pendengaran yang mendengar.

Seorang gadis yang memikat hati setiap laki-laki ini bisa memperdaya kecendekiawanan seorang Ibnu Zaidun, cowok pujian umat yang bercita-cita raksasa; mengembalikan kegemilangan Islam di bumi Andalusia.Intrik-intrik menarik di kemas dalam kehidupan kolam dongeng impian, kerap menceritakan keeksotisan sosok Andalusia dulu sampai sejenak membawaku melalang berimajinasi bagaimanakah wajah Andalusia yang sekarang lebih di kenal dengan nama Spanyol.

Namun di balik dongeng novel yang menanamkan intrik dan kebijaksanaan kancil seorang perempuan tetap menyeimbangkan dengan adanya sosok pembela kaum kebenaran yaitu Naila Al Dimasykia, perempuan cerdik pintar yang menyelamatkan Ibnu Zaidun dari jaring kebijaksanaan kancil dan cinta membara Aisyah. Topeng keanggunan luruh, terbongkarlah sebuah urusan penuh kelicikan di balik perawakan molek, dan kemilau sang Pembawa Kabar dari Andalusia.

Peranan perempuan yang kerap terlihat sederhana intinya di balik itu semua tersimpan daya yang amat luar biasa untuk kemasyuran sebuah peradaban. Namun bukan hanya kemasyuran saja yang sanggup di berikan oleh perempuan alasannya yaitu peranannya sebagai motivator atau inspirasi, akan tetapi perempuan pun keberadaannya bisa membawa kehancuran dan peristiwa alam bagi kehidupan pria.


Di balik lelaki jago ada perempuan kuat…

tahukah kau, banyak laki-laki jago menyebabkan perempuan sebagai sumber ilham dan motivasi tertinggi. selalu ada perempuan besar lengan berkuasa di balik lelaki hebat. Entah itu berperan sebagai ibu, isteri,kekasih,atau sahabat…karena itu, ia dianggap sebagai tonggak-tonggak penyangga sebuah peradaban.

Dalam hidup ini, Allah telah membuat alam seisinya dengan sangat sempurna.

Semua dirancang dan dikendalikan sesuai dengan tata aturan Sang Pencipta, yaitu Allah SWT. Penciptaannya berupa keteraturan yang terancang.

Bukti dari semua itu yaitu diciptakannya segala sesuatu dengan berpasang pasangan. Allah membuat semua berpasang pasangan. Ada baik dan buruk, panjang pendek, tinggi rendah, jauh dekat, dan laki-laki wanita.

Semua itu merupakan bukti kesempurnaan. Perbedaan tersebut bukanlah hal untuk membedakan. Perbedaan itu tidak sekedar permainan kata kata belaka. Tapi sebuah hal yang harus difahami. Karena dengan perbedaan itulah segala kebaikan muncul.

Semuannya memiliki kekuatan yang dahsyat. Pria dan wanita.

Tidak sekedar perbedaan kata. Keberadaan keduannya sangat memilih perkembangan dunia ini. Khususnya wanita. Sosok yang penuh dengan kelembutan dan kasih sayang ini memiliki potensi dan kekuatan yang begitu besar.

Selama ini keberadaan perempuan sangat dikesampingkan sekali. Geraknya tidak pernah dijadikan perhatian.

Tapi saat semua orang mengetahui potensi besarnya, perempuan merupan sentra hal yang diperhatikan.

Wanita tidak lain merupakan distributor perubah utama. Wanita memiliki tugas penting dalam perubahan dan kemajuan suatu bangsa. Hal ini bertolak belakang dengan banyak sekali hal yang pernah diperbincangkan.

Di zaman Jahiliyah Arab, memiliki anak seorang perempuan merupakan malu terbesar. Dan untuk menutupinya, sebagian besar seorang bapak akan membunuh hidup hidup anak wanitanya. Tidak terkecuali di kalangan kerajaan. Wanita dipandang sebagai sosok yang nantinya tidak bisa meneruskan tampu kekuasaan kerajaan. Makanya banyak sekali perempuan diragukan.

Atau kalau dilihat dari segi negatif lain, perempuan merupan pemain drama utama dalam kerusakan suatu bangsa. Hal ini dilihat dari banyak sekali dongeng yang menggambarkan kekalahan Caesar alasannya yaitu ia termakan dengan cleopatra. Dan masih banyak lagi dongeng dan sample yang lain.

Tapi tidak kalau kita melihat dari segi yang sangat realitas. Sebagaimana tadi di atas, perempuan merupakan distributor yang sangat berperan sekali dalam kemajuan bangsa.

Mengapa hal ini bisa terjadi. Sejenak renungkan, mengapa perempuan bisa menjadi ujung tombak dari perubahan. Ya…. Wanita secara eksklusif atau tidak eksklusif nantinya yaitu seorang ibu. Kehadiran seorang ibu merupakan sebuah syarat mutlak bagi seorang anak. Peran sebagai ibu inilah yang memposisikan diri perempuan sebagai juru perubah. Ibu merupakan media untuk berguru pertama kali bagi sang anak. Setuju atau tidak, seorang bayi pertama kali berguru yaitu dengan ibu. Ibu inilah orang pertama kali yang menunjukkan ilmu yang begitu berharga bagi anak.

Sosok wanita, sedikitpun tidak akan pernah habis kita mengupasnya, keberadaanya sebagai penompamg peradaban tidak sanggup di pungkiri lagi.

Selama ini kita hanya ribut memperdebatkan perihal hak hak asasi. Hak perihal keterbukaan tugas perempuan dalam peranan publik. Kita sangat jarang sekali memperbincangkan bagaimana seorang perempuan menjadi ibu yang bisa melahirkan sebuah generasi tangguh di masa depan.

Baca - Download : Box.com

Post a Comment

0 Comments

close