Catatan Seorang Pelajar Jakarta - Novel Memoar

 Tawuran pelajar ialah sikap konflik antar kelompok  Catatan Seorang Pelajar Jakarta - Novel Memoar
Tawuran pelajar ialah sikap konflik antar kelompok (dalam hal ini yang dimaksud ialah konflik antar sekolah atau antar basis/Barisan Siswa yang merupakan kelompok pelajar yang pergi dan pulang sekolah bantu-membantu memakai kendaraan umum tertentu). Penyebab konflik itu ialah persepsi wacana adanya permusuhan antarsekolah yang tidak diketahui apa sebabnya.

Pelajar yang terlibat tawuran ialah remaja yang perkembangan psikologisnya sangat mungkin memengaruhi pemikiran, perasaan, dan tindakan mereka. Remaja cenderung sangat terikat dengan kelompok sebayanya, juga sangat tinggi sema- ngatnya namun kurang mempertimbangkan banyak sekali risiko dari tindakannya, lantaran mereka masih terbatas pengalamannya dan pemikirannya. Dengan demikian tidaklah mengherankan jikalau tindakan mereka dalam tawuran seringkali di luar pemikir- an orang dewasa.

Namun demikian, intinya banyak dari pelajar yang terlibat dalam tawuran sesungguhnya tidak ingin terlibat, tetapi terpaksa terlibat lantaran mereka terberi sebagai potongan dari sekolah atau  basis tertentu, serta terperangkap dalam permusuhan yang diwariskan secara bebuyutan dari generasi ke genarasi di sekolahnya. Mereka terperangkap dalam situasi sosial dan lingkungan geografis tertentu, yang menciptakan mereka harus bersekolah di sekolah tertentu, di lokasi tertentu, dan harus memakai bus dengan rute tertentu yang memilih basis mereka.

Detail Buku:

Judul: Catatan Seorang Pelajar Jakarta
Penulis: Arif Rahman
Penerbit: Grasindo
ISBN: 978-602-251-173-1
Jumlah Halaman: 276
Jenis File: PDF
Baca-Download: Drive Google

Post a Comment

0 Comments

close