Runtuhnya Hindia Belanda Oleh Nino Oktorino

Runtuhnya Hindia Belanda oleh Nino Oktorino Runtuhnya Hindia Belanda oleh Nino Oktorino
Dalam historiografi di Indonesia, babak terakhir dari sejarah Hindia Belanda serta babak awal dari penguasaan Jepang atas bumi Nusantara jarang sekali di bahas. Dengan kekecualian buku yang berjudul Hancurnya Ang- katan Perang Hindia Belanda (KNIL) karya Djajusman (1978) dan Runtuhnya Hindia Belanda karya Onghokham (1989) serta terjemahan buku Selamat Berpisah, Sampai Berjumpa di Saat yang Lebih Baik karya J.C. Bijkerk (1988) tidak banyak buku mengenai tema ini yang diterbitkan di Indonesia. Kalaupun ada yang membahas problem ini, biasanya hanya merupakan cuilan dari topik yang lebih besar.

Mengingat hal di atas, penulis berusaha untuk mengisi kekosongan penulisan sejarah Indonesia mengenai periode ini. Dalam hal ini, penulis berusaha untuk merekonstruksi kembali banyak sekali insiden yang terjadi di seputar dongeng penaklukkan Jepang atas Indonesia, yang berakhir dengan keruntuhan kolonialisme Belanda di Nusantara dan munculnya periode gres yang lalu menghantarkan bangsa Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaannya. Penulis berusaha memasukkan banyak sekali unsur dongeng dari periode ini yang sebelumnya terpencar-pencar di banyak sekali goresan pena yang tidak tercakup dalam karya Djajusman dan Onghokham. Di antaranya yaitu kisah-kisah yang kurang dikenal masyarakat Indonesia mengenai para pra- jurit Indonesia yang bertugas dalam KNIL pada masa itu, termasuk dongeng beberapa orang yang lalu menjadi tokoh-tokoh terkemuka di negeri ini.

Dalam penulisan karya ini, penulis mendapat ban- tuan berharga dari beberapa rekan yang juga mempunyai ketertarikan terhadap tema ini. Alan Alvensleben terutama memperlihatkan banyak pemberian bagi penulis supaya sanggup mengerti komposisi dan operasi-operasi dari Pasukan Udara Angkatan Laut Jepang dalam pertempuran di be- kas wilayah Hindia Belanda. Don Kehr Jr. membantu penulis untuk mendapat data mengenai operasi- operasi Angkatan Laut Amerika Serikat selama periode ini. Sahabatku, Klemen Lužar, memperlihatkan pemberian yang amat besar dalam menyebarkan data serta kesediaannya untuk mengizinkan penulis memakai beberapa cuilan dari situs langkanya, “The Forgotten Campaign: The Dutch East Indies Campaign, 1941-1942”, untuk penulisan ini. Sementara Peter H. mengizinkan penulis memakai sejumlah foto koleksinya. Penulis juga mengucapkan ba- nyak terima kasih terhadap sejumlah perpustakaan dan individu lainnya yang membantu penulisan karya ini.

Detail Buku:

Judul: Runtuhnya Hindia Belanda - seri konflik bersejarah
Penulis: Nino Oktorino
Penerbit: Elexmedia Komputindo
ISBN: 978-602-02-804-6
Baca-Download: Google Drive

Post a Comment

0 Comments

close