Bijak Menyikapi Perbedaan Pendapat Penulis: Al-Hamid Jakfar Al-Qadri

Bijak Menyikapi Perbedaan Pendapat Penulis Bijak Menyikapi Perbedaan Pendapat Penulis: Al-Hamid Jakfar Al-Qadri

Detail Buku:

Judul: Bijak Menyikapi Perbedaan Pendapat
Penulis: Al-Hamid Jakfar Al-Qadri
Penerbit: Mizan, 2014
ISBN: 978-979-433-753-0
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 136 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 6,79Mb


Deskripsi:

Alangkah indahnya, bila persatuan di kalangan umat Islam terwujud. Mungkin, banyak hal telah dicapai bila umat Islam menyadari pentingnya persatuan ini. Di Indonesia, nilai-nilai ini perlu dikembangkan dan dibudayakan. Jika tidak, pemikiran radikal dan ekstrem yang tidak toleran dengan kelompok lain akan tumbuh subur dan berkembang di negeri pertiwi ini, dan dampaknya akan fatal.

Sebab bila pemikiran radikal telah menyentuh akar rumput, pergolakan dan kegaduhan tidak sanggup dihindari, pertikaian atas nama agama niscaya akan terjadi, dan telah terjadi. Padahal masalahnya sangat sederhana, yaitu pe- mahaman agama yang tidak menyeluruh. Seandainya agama dipahami dengan tepat maka seseorang akan lebih pandai dan moderat dalam bersikap.

Moderat tidak hanya diartikan dengan bersikap lunak pada kelompok lain, namun moderat yakni pemahaman anutan agama secara benar dan sempurna. Hal ini juga telah dijelaskan oleh Al-Habib Umar dalam salah satu bukunya yang berjudul Al-Wasatiah fi Al-Islam dan telah diterjemahkan dengan judul, Agama Moderat.

Dalam goresan pena ini penulis menerjemahkan secara lengkap ceramah-ceramah Al-Habib Umar persoalan perbedaan dan cara menyikapinya. Di samping itu, penulis juga menjelaskan peran dan perjuangan dia dalam membangun ukhuwah. Sekaligus pandangan ulama Hadramaut lainnya seputar persoalan ini.




Post a Comment

0 Comments

close