K.H. Hasyim Asy'ari - Biografi Singkat 1871 - 1947 Penulis: Muhamad Rifai

 itulah nama yang ada di belakang nama besar Pondok Pesantren Tebuireng K.H. Hasyim Asy'ari - Biografi Singkat 1871 - 1947 Penulis: Muhamad Rifai

Detail Buku:

Judul: K.H. Hasyim Asy'ari - Biografi Singkat 1871 - 1947
Penulis: Muhamad Rifai
Penerbit: Garasi, 2009
ISBN: 978-979-25-4545-6
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 148 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 874Kb

Deskripsi:

K.H. Hasyim Asy’ari, itulah nama yang ada di belakang nama besar Pondok Pesantren Tebuireng, begitu juga dengan NU yang merupakan Ormas terbesar di Indonesia. Tokoh “besar” yang mendirikan Pondok Pesantren Tebuireng pada 1899 dan NU pada 1926 ini yakni sosok kiai alias ulama, pejuang, sekaligus pembaru. Artinya, kontribusinya tidak hanya untuk Islam, agamanya, akan tetapi juga untuk Indonesia, bangsanya, serta sebagai tokoh pembaru di banyak bidang, ibarat pendidikan. Kebesaran dan karismanya tak lekang oleh zaman dan tak lapuk oleh waktu. Hal ini terlihat pada efek dia dan hasil-hasil karya beliau, yang tidak hanya terbatas pada orang Jombang saat itu, tapi juga bangsa Indonesia hingga zaman kini ini.

Buku ini merupakan salah satu buku biografis yang bercerita perihal siapa sosok K.H. Hasyim Asy’ari, bagaimana perjalanan hidup beliau, berjuang sebagai ulama, pejuang, pembaru pemikiran-pemikiran dia yang cemerlang, sebagiannya ada yang terbakukan di dalam karya-karya beliau, ibarat Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim dan al-Qānūn al-Asasi li Jam’iyyat al-Nahdhat al- Ulama serta bagaimana orang-orang zaman ini melihat fatwa beliau. Pengetahuan akan semuanya itu diperlukan menimbulkan kita tidak hanya mengenang dia dengan upacara tabur bunga dan memajang gambar beliau, tapi memunculkan ghirah untuk mengkaji fatwa beliau, menimbulkan dia suri teladan, dan melanjutkan usaha beliau. Semoga.



Post a Comment

0 Comments

close