Sejarah Aturan Islam Nusantara Kala Xiv-Xix M Penulis Ayang Utriza Yakin, Dea., Ph.D.

 Buku yang ada di hadapan pembaca berisi sejarah aturan Islam di beberapa kawasan yang perna Sejarah Hukum Islam Nusantara Abad XIV-XIX M Penulis Ayang Utriza Yakin, DEA., Ph.D.

Detail Buku:

Judul: Sejarah Hukum Islam Nusantara Abad XIV-XIX M
Penulis: Ayang Utriza Yakin, DEA., Ph.D.
Penerbit: Prenada Media, 2016
ISBN: 978-602-422-040-2
Jumlah halaman: 249 halaman
Besar file: 2,30Mb

Deskripsi:

Buku yang ada di hadapan pembaca berisi sejarah aturan Islam di beberapa kawasan yang pernah mempunyai kesultanan di Nusantara ini. Pasti ada yang bertanya mengapa hanya bebe- rapa kesultanan yang dibahas di dalam buku ini? Jawabannya sederhana bagi sejarawan menyerupai saya: sebab ketiadaan sum- ber untuk mendedahkan aturan Islam di beberapa kesultan- an yang ada di Nusantara. Dengan demikian, apa yang terda- pat di dalam buku ini, semata-mata keberadaan sumber untuk menuliskannya. Tanpa sumber dan historiograi, yakni hal yang tidak mungkin menuliskan satu kesultanan tertentu.

Buku ini yakni kumpulan goresan pena dari enam artikel yang terbit di banyak sekali jurnal di Indonesia. Sumber utama dari lima goresan pena pertama tersebut yakni tesis master aku berbahasa Perancis di EHESS, Paris, berjudul Le droit musulman dans le monde insulindien du XIVe au XVIIe siècle (Hukum Islam di Nusantara dari Abad XVII Sampai Abad XVII M). Agar isi dari tesis itu dapat bermanfaat bagi masyarakat ilmiah Indone- sia, aku terjemahkan bab-bab tesis itu ke dalam bahasa In- donesia dan diterbitkan di beberapa jurnal ilmiah. Selain itu, aku juga paparkan tulisan-tulisan tersebut di banyak sekali temu ilmiah. Tentu, artikel-artikel yang telah terbit itu sudah dise- suaikan dengan pembaca di Indonesia. Saya tidak menyang- ka tulisan-tulisan aku tersebut mendapat sambutan yang luar biasa, terutama perihal sejarah aturan Islam di Aceh yang dikutip oleh banyak sarjana baik dari dalam maupun luar negeri. Atas dorongan banyak sekali pihak, kesudahannya goresan pena perihal sejarah aturan Islam di Nusantara itu diterbitkan dalam bentuk buku.



Post a Comment

0 Comments

close