Njoto Peniup Saksofon Di Tengah Prahara - Seri Buku Tempo Orang Kiri Indonesia Pdf

Njoto Peniup Saksofon di Tengah Prahara  Njoto Peniup Saksofon di Tengah Prahara - Seri Buku Tempo Orang Kiri Indonesia PDF

Detail Buku:

Judul: Njoto Peniup Saksofon di Tengah Prahara - Seri Buku Tempo Orang Kiri Indonesia
Tim Penyunting: Arif Zulkifli, Bagja Hidayat, Redaksi KPG
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2010
ISBN: 978-979-91-0268-3
Jumlah halaman: 130 halaman
Besar file: 2,90Mb



Deskripsi:

IA berbeda dari orang komunis pada umumnya. Ia necis serta piawai bermain biola dan saksofon. Ia menikmati musik simfoni, menonton teater, dan menulis puisi yang tak melulu ”pro-rakyat”. Ia menghapus The Old Man and the Sea film yang diangkat dari novel Ernest Hemingway dari daftar film Barat yang diharamkan Partai Komunis Indonesia. Ia menghayati Marxisme dan Leninisme, tapi tak menganggap yang ”kapitalis” harus selalu dimusuhi.

Njoto yakni sisi lain dari sejarah Gerakan 30 September 1965. Kecuali buku-buku Orde Baru yang menyebut semua anggota PKI terlibat G30S, kebanyakan sejarawan tak menemukan keterlibatan Njoto dalam agresi revolusioner itu.

Menjelang prahara 1965 ia tak lagi berada di bundar dalam Ketua PKI D.N. Aidit: ia disingkirkan akhir terlalu bersahabat dengan Sukarno. Keretakan Njoto dengan Aidit dipercaya juga disebabkan oleh perselingkuhan Njoto dengan Rita, seorang wanita Rusia yang disebut-sebut jasus KGB.  



Post a Comment

0 Comments

close