Tujuh Filsuf Muslim Penulis Ahmad Zainul Hamdi Pdf

Tujuh Filsuf Muslim Penulis Ahmad Zainul Hamdi PDF Tujuh Filsuf Muslim Penulis Ahmad Zainul Hamdi PDF

Detail Buku:

Judul: Tujuh Filsuf Muslim
Penulis: Ahmad Zainul Hamdi
Penerbit: Pustaka Pesantren, 2004
ISBN: 978-979-3381-74-9
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 252 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 3,17Mb

Deskripsi:

Filsafat (Islam) merupakan salah satu bidang yang menguras energi umat Islam semenjak dari awal. Bukan hanya berkait dengan perdebatan kon- septual (akademik), melainkan juga merangsek pada wilayah nonakademik. Di satu sisi filsafat diyakini akan bisa mengangkat harkat dan martabat kemanusiaan, pencerah nalar budi, di sisi lain fisafat dianggap (pula) sebagai biang kerok pemecah belah umat. “Klaim kebenaran” semakin menyulitkan sekaligus merumitkan upaya obrolan dan perundingan dari kedua kutub yang berlawanan tersebut.

Sekalipun nama Aristoteles banyak disebut oleh para filsuf muslim, namun kenyataannya bukan Aristoteles yang paling kuat dalam bangunan filsafat Islam. Tidak menyerupai yang banyak diduga, justru doktrin yang sangat menghipnotis perja- lanan filsafat Islam yaitu doktrin yang berten- tangan dengan Aristotelian, Neoplatonisme. Unsur-unsur Platonian ini merembes melalui dua buku, Theologia of Aristotel dan Libre de Causis; dua buku yang secara salah sering dinisbatkan kepada Aristoteles.

Dari sini kemudian muncullah nama-nama filsuf Islam yang kontribusinya sangat memilih per- adaban, tidak hanya peradaban Islam tetapi juga dunia. Tercatat dari rahim Islam nama-nama filsuf yang sangat menghipnotis dunia, menyerupai Ibnu Sina, al-Farabi, ar-Razi, dan Ibnu Rusyd.

Buku ini, kendati singkat, menguraikan cukup lengkap dan kritis ihwal filusuf muslim yang menunjukkan donasi besar bagi pengembangan pedoman filsafat Barat. Ketujuh filsuf (muslim) yang ditampilkan dalam buku ini dimulai dari al- Kindi peletak dasar filsafat Islam; ar-Razi; al-Farabi; Ibnu Sina; al-Ghazali; Ibnu Tufayl; sampai Ibnu Rusyd sebagai penyelaras agama dan filsafat.

Post a Comment

0 Comments

close