Membaca Sebagai Alat Pembuka Wawasan

 Membaca ialah salah satu keterampilan berbahasa yang diperoleh sehabis seseorang dilahir Membaca Sebagai Alat Pembuka Wawasan
www.dizonaebook.blogspot.com - Membaca ialah salah satu keterampilan berbahasa yang diperoleh sehabis seseorang dilahirkan dan bukan merupakan keterampilan bawaan. Oleh sebab itu, kebiasaan membaca sanggup dipupuk, dibina dan dikembangkan.

Di negara-negara maju, masyarakat makin telah sadar akan pentingnya budaya membaca buku untuk mendapat informasi. Disana membaca dimanfaatkan untuk memenuhi tuntutan kurikulum sekolah atau perguruan tinggi tinggi. Buku sebagai media transformasi dan penyebarluasan ilmu sanggup menembus batas-batas geografis suatu negara, sehingga ilmu pengetahuan sanggup dikomunikasikan dan dipakai dengan cepat di banyak sekali penggalan dunia.

Namun lain halnya di Indonesia. Anak Indonesia mempunyai kecenderungan jauh dari dunia aksara. Budaya membaca dan menulis terus tersisihkan oleh banyaknya proposal Teknologi Digital dan Audio Visual yang jauh lebih menarik. Belum lagi, tuntutan berguru yang dibebankan kepada si anak. Fenomena menyerupai ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar, tetapi hampir di seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat kita lebih menentukan membeli hp atau televisi daripada membeli buku.

Hal inilah yang menjadi tantangan bagi kita semua dan seharusnya kita bergerak untuk memecah paradigma berfikir menyerupai itu. dan tentu saja kita tahu bahwa semakin banyak membaca buku, semakin bertambah wawasan kita terhadap permasalahan di dunia. Karena itulah buku disebut sebagai JENDELA DUNIA.

Post a Comment

0 Comments

close