Tips Meningkatkan Minat Baca

Dizonaebook.blogspot.com. Hasil survei yang pernah dilakukan UNESCO mengatakan hasil bahwa minat baca masyarakat Indonesia berada pada urutan paling rendah di ASEAN. Inilah faktor penting mengapa negara kita sulit bersaing dengan negara-negara lain. Sebab dengan membaca sanggup memperluas wawasan dan khasanah pengetahuan kita. 

Ketika ini terjadi, maka masyarakat kita sanggup melihat keluar, sisi-sisi apa yang ada dibalik jendela tersebut. Oleh lantaran itu, untuk sanggup mengimbangi kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara tetangga, perlu menumbuhkan minat baca semenjak dini. Bila sebelumnya membaca identik dengan buku atau media cetak saja, maka ketika ini sumber bacaan sanggup diperoleh secara digital.
Di bawah ini langkah awal untuk meningkatkan minat baca kita :

1. Bangunlah Motivasi
Meningkatkan minat baca sebaiknya dimulai dengan memotivasi diri dalam membaca. Hal ini sangat penting lantaran minat tersebut akan bekerja dibawah alam sadar kita, dan memerintahkan otak untuk membaca secara otomatis. Dengan membaca, pandangan kita menjadi terbuka terhadap hal-hal gres yang tidak kita ketahui sebelumnya.

2. Bacalah Yang Anda Sukai
Salah satu kesalahan terbesar dari seseorang yang ingin mulai membiasakan diri untuk membaca yaitu image buku dan bacaan yang sebetulnya ia buat sendiri: berat dan membosankan. Padahal, banyak pilihan jenis buku dengan karakteristik yang beragam. Anda sanggup memulainya dengan membaca cerita-cerita ringan sesuai minat Anda menyerupai cerpen dan novel, kemudian buku-buku simpel dengan kata kunci: cara, langkah, tips, kiat, dll), kemudian berlanjut lagi ke buku motivasi dan pengembangan diri danseterusnya. 

3. Sisihkan Waktu Yang Tepat
Bila anggapan penting membaca itu sudah melekat, maka tidak semuanya yang baca berhasil memindahkan semua gosip yang didapat dari bacaannya itu pada memori otaknya, disebabkan momentum waktunya yang kurang tepat. Atau seringkali malas baca disebabkan waktunya kurang tepat. Beragam orang yang punya momentum baca yang tepat: ada yang suka membaca ketika jam pelajaran kosong, atau lagi istirahat di sekolah, ada juga yang nyaman membaca ketika perjalanan, beberapa ketika sebelum tidur, dan ketika di perpustakaan. Gunakanlah waktu-waktu yang kurang produktif dengan membaca!

4. Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu
Minat baca harus dipicu dari diri kita untuk menumbuhkan rasa ingin tahu. Kita harus menciptakan pertanyaan setiap hal yang ada di sekitar kita dan carilah jawabannya di buku. Atau sanggup juga melihat-lihat buku di toko atau perpustakaan dan cobalah pertanyakan, “Apasih isi buku ini?” Biasanya rasa ingin tahu dan ingin tau sangat efektif untuk menggerakkan diri kita untuk melaksanakan sesuatu.

5. Minta Seseorang Merekomendasikan Buku
Ini juga salah satu cari yang efektif. Mintalah rekomendasi buku dari teman dan teman Anda. Karena buku yang direkomendasikan biasanya punya nilai lebih yang akan menciptakan kita lebih semangat membacanya.

6. Membaca Seperlunya
Bacalah seperlunya saja. Tak usah berlebihan. Keperluan orang itu tergantung dari hasrat masing-masing untuk memperoleh informasi. Makin perlu Anda terhadap informasi, maka sudah niscaya kuantitas dan kualitas membaca Anda pun niscaya akan makin banyak dan baik.

Inilah beberapa tips bagaimana menumbuhkan minat baca Anda. Semoga bermanfaat dan sanggup melecut semangat kita untuk terus dan terus membaca.


Post a Comment

0 Comments

close