Detail Buku:
Judul: Filsafat Pendidikan
Penulis: Muhammad Anwar
Penerbit: Prenada Media, 2017
ISBN: 978-602-1186-52-7
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 193 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 1,26Mb
Deskripsi:
Lazimnya dalam memahami filsafat pendidikan memakai dua pendekatan, ialah pendekatan tradisional dan yang bersifat kritis. Pendekatan tradisional dipakai untuk memecahkan problema hidup dan kehidupan menusia sepanjang perkembangannya. Dan, pendekatan yang bersifat kritis dipakai untuk memecahkan problematika pendidikan masa kini.
Buku ini membahas wacana Filsafat Pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaari memiliki tugas, antara lain menyalurkan nilai-nilai hidup, melestarikan, dan menyebarkan nilai-nilai norma tingkah laris kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan/atau kearifan orangtua dan keluarga. Pelaksanan pendidikan tersebut juga merangkum antara teori pengetahuan dan filsafat yang terkandung di dalam pelajaran yang diberikan oleh para pendidik.
Kajian utama filsafat pendidikan ini secara komprehensif menyajikan dan membahas topik bahan pokok filsafat, antara lain: (1) Pengertian dan kedudukan filsafat dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia; (2) Pengertian pendidikan dan filsafat pendidikan serta peranannya; (3) Masalah pokok filsafat dan pendidikan; (4) Proses hidup sebagai dasar filsafat pendidikan; (5) Tujuan hidup dan tujuan pendidikan; (6) Fungsi pendidikan dalam kehidupan insan sebagai makhluk biologis; (7) Demokrasi pendidikan; serta (8) Aliran dalam filsafat pendidikan.
Buku bimbing utama berjudul Filsafat Pendidikan ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para dosen dan mahasiswa Fakultas/Jurusan Tarbiyah UIN/IAIN/ STAIN dan PTAIS, terutama yang sedang menekuni mata kuliah Filsafat Pendidikan, Pengantar Pendidikan, dan Ilmu Pendidikan Islam.
0 Comments