Haji Murat Pdf Karya Leo Tolstoy

 Tidak sanggup disangsikan bahwa Tolstoi ialah patriot bangsanya Haji Murat PDF Karya Leo Tolstoy

Detail Buku:

Judul: Haji Murat
Penulis: Leo Tolstoy
Alih Bahasa: Koesalah Soebagyo Toer
Penerbit: Pustaka Jaya, 2009
ISBN: 978-979-419-351-8
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 194 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 742Kb
Review: Goodreads

Deskripsi:

Tidak sanggup disangsikan bahwa Tolstoi ialah patriot bangsanya. Secara sukarela ia terjun dalam Perang Krim (1853-1856) melawan Turki yang dibantu oleh Inggris, Perancis, dan Sardinia. Pengalaman dalam perang ini lalu ia bukukan dalam Sebastopolskiye Rasskazi (Cerita-cerita Sebastopol). Roman adikaryanya Voina i mir (Perang dan Damai), di mana ia merawikan kemenangan rakyat Rusia dalam menangkis serbuan tentara Napoleon (1805-1814). Dalam Haji Murat ia justru mengetengahkan tokoh Haji Murat dari Chechnya yang cinta kemerdekaan, melawan Rusia yang dikala itu berada di bawah kekuasaanTsar Nikolai I (1827-1855). la lukiskan Haji Murat (tahun 1849-1852) sebagai tokoh yang gagah berani, tangkas dan cerdas. Sebaliknya, ia lukiskan Nikolai I sebagai tokoh despot
yang tak berperikemanusiaan, namun merasa diri sebagai sumber budi Rusia dan dunia. Para jenderal (a.i. Vorontsov dan Kamenev) dan para perw iranya ia lukiskan sebagai orang-orang yang tidak peka dan suka hidup berfoya-foya dengan mengorbankan kepentingan rakyat. Sebaliknya rakyat yang sederhana (sepertiAvdeyev) ia lukiskan sebagai orang lugu, cinta kerja, yang tak punya rasa permusuhan, juga terhadap Haji Murat dan para muridnya.

Walau dongeng ini berakhir dengan maut Haji Murat, dalam benak pembaca terpateri Haji Murat sebagai tokoh yang pantang menyerah.

... Bagi Tolstoi, setidak-tidaknya dalam roman ini dan di usia lanjutnya, keadilan dan kemanusiaan lebih penting daripada tanah air.

Post a Comment

0 Comments

close