Collapse - Runtuhnya Peradaban-Peradaban Dunia Penulis Jared Diamond

 Ratusan peradaban telah bangun dan runtuh sepanjang sejarah insan Collapse - Runtuhnya Peradaban-peradaban Dunia Penulis Jared Diamond

Detail Buku:

Judul: Collapse - Runtuhnya Peradaban-peradaban Dunia
Penulis: Jared Diamond
Alih Bahasa: Damaring Tyas Wulandari Palar
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2017
ISBN: 978-602-424-726-3
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 784 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 10,5Mb

Deskripsi:

Ratusan peradaban telah bangun dan runtuh sepanjang sejarah manusia. Setelah membahas bangkitnya peradaban dalam Guns, Germs & Steel, Jared Diamond melanjutkan dengan membahas keruntuhan banyak sekali peradaban masa kemudian dan masa kini dalam Collapse.

Lima faktor dapat mensugesti kelestarian atau keruntuhan peradaban:kerusakan lingkungan, perubahan iklim, dampak peradaban musuh, dampak peradaban sahabat, dan yang terpenting jawaban masyarakat terhadap problem lingkungan. Collapse mengajak kita meninjau patung-patung kerikil raksasa Pulau Paskah yang tumbang, reruntuhan permukiman Viking di Amerika Utara dan Maya di Amerika Tengah, hingga krisis tanah berujung pembantaian di Rwanda serta bom waktu problem lingkungan di Cina dan Australia. Namun ada pula teladan sukses menyerupai Jepang zaman Tokugawa yang menjaga negerinya tetap hijau dan presiden Republik Dominika yang melestarikan lingkungan dengan tangan besi.

Collapse menawarkan apa arti penting aspek lingkungan bagi kelangsungan hidup kita sekarang, pelajaran dari keruntuhan maupun keberhasilan banyak sekali masyarakat, serta apa yang telah dan dapat dilakukan perorangan, tubuh usaha, dan negara untuk menemukan cara mencegah peradaban ambruk sebab dunia tak berpengaruh menanggungnya.



Post a Comment

0 Comments

close