Rihlah Ibnu Bathuthah Memoar Perjalanan Keliling Dunia Di Masa Pertengahan

Detail Buku:

Judul: Rihlah Ibnu Bathuthah
Memoar Perjalanan Keliling Dunia di Abad Pertengahan
Penulis: Muhammad Bin Abdullah Bin Bathuthah
Alih Bahasa: Muhammad Muchson Anasy, MA & Khalifurrahman Fath, Lc
Penerbit: Pustaka Alkautsar, 2009
ISBN: 978-979-592-5835
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 644 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 5,52Mb

Deskripsi:

Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Bathuthah yakni seorang pengembara (traveler), petualang (adventure), dan pengamat (viewer) yang menciptakan catatan harian wacana negeri-negeri yang ia kunjungi dalam pengembaraannya. Catatan perjalanan yang dikenal dengan buku "Rihlah Ibnu Bathuthah" ini ditulis sehabis dirinya mengunjungi banyak sekali pecahan dunia, lalu mengamati kebudayaan, adat istiadat, dan sikap masyarakat di negeri-negeri yang ia kunjungi, terutama wilayah yang dipimpin oleh kesultanan Islam.

Banyak kisah menarik yang diceritakan dalam buku catatan perjalanan Ibnu Bathuthah ini, terutama cerita-cerita wacana para sultan, para syaikh, sejarah sebuah negeri, falsafah kehidupan masyarakat setempat dan lain sebagainya yang ia tulis menurut pengamatan pribadi dari negeri-negeri yang ia kunjungi. Dari India hingga negeri Cina, dari Afrika hingga Nusantara, Ibnu Bathuthah menceritakan perjalanannya secara apik dan mengesankan. Ia misalnya, menceritakan kunjungannya bertemu dengan Sultan Jawa (Sultan Nusantara) dari Kerajaan Samudera Pasai, Sultan Malik Az-Zhahir.

Ibnu Bathuthah sendiri menyebut hasil karyanya ini sebagai persembahan seorang pengamat wacana kota-kota absurd dalam perjalanan yang menakjubkan, yang ia tuangkan dalam sebuah catatan perjalanan. Sebagai sebuah catatan perjalanan membaca buku ini menyerupai mendengarkan seorang pemandu wisata (guide tour) bercerita wacana negeri-negeri yang menakjubkan dari segala sisi. Pembaca seolah diajak berkelana menyusuri negeri-negeri yang ia kunjungi, lalu memetik nasihat dan pelajaran dari setiap bencana dalam perjalanan.

Ibnu Bathuthah berhasil merangkai sebuah catatan perjalanan sebagai karya sejarah bermutu tinggi, yang dapat dijadikan referensi bagi mereka yang ingin mengetahui sejarah sebuah bangsa dan peradaban manusia.

Buku ini, sayang bila Anda lewatkan!


Terima Kasih Atas Sumbangan Ebook dari : Lintang Adhara

Post a Comment

0 Comments

close