Prestasi Gemilang Anak Bangsa - Seri Olimpiade

siswa Indonesia di ajang olimpiade matematika dan sains tingkat dunia sanggup dikatakan cuku Prestasi Gemilang Anak Bangsa - Seri Olimpiade
Keikutsertaan siswa-siswa Indonesia di ajang olimpiade matematika dan sains tingkat dunia sanggup dikatakan cukup gres dibandingkan dengan negara-negara yang mempunyai akar tradisi keilmuan yang panjang. Hal ini tentu tidak luput dari banyak sekali situasi dan kondisi di dalam negeri, baik sebab penjajahan, situasi politik dan pemerintahan yang masih baru, serta kesiapan banyak sekali elemen pendukung.

Even International Mathematics Olympiad (IMO) di Sidney, Australia pada tahun 1988, merupakan awal pen- dobrak mentalitas sebagai bangsa inlander (terjajah). Meskipun pada even tersebut siswa-siswa Indonesia tidak memperoleh penghargaan namun keikutsertaan mereka merupakan tonggak penting  perkembangan dan eksistensi ilmuwan muda kita. Sejak ketika itu siswa-siswa Indonesia mulai terjun di banyak sekali nomor olimpiade sains, baik di tingkat dunia maupun pada level regional atau kawasan. Keikutsertaan siswa-siswa kita yang diikuti dengan pening- katan prestasi mereka semakin menumbuhkan kepercayaan diri. Secara perlahan perasaan bahwa olimpiade sains bukanlah ‘milik’ atau acara yang layak bagi bangsa kita semakin terpupus.

Pada pertengahan tahun 90’an para pelajar dunia mulai pula diperkenalkan dengan satu ajang baru, ialah Olimpiade Astronomi Internasional (IAO). Ajang ini bertujuan untuk membuatkan imajinasi, kreativitas dan kebebasan berpikir serta juga mendorong semangat toleransi dan kerjasama diantara para guru dan siswa dari banyak sekali negara. Indonesia yang mulai ikut even ini pada tahun 2003 pribadi mendulang dua perak dan satu honorable mention. Hingga keikutsertaannya yang ke-4 di ajang IAO, Indonesia telah mengoleksi satu emas, 6 perak dan 8 perunggu.

Prestasi gemilang siswa-siswi Indonesia di ajang olimpiade matematika, informatika,  dan astronomi sungguh membesarkan hati. Siswa-siswi berbakat ini telah membangkitkan kepercayaan diri dan memperlihatkan bahwa sebenarnya bangsa kita tidak kalah dengan bangsa lain,… “kalau mau berusaha, kita niscaya bisa”. Di dalam kemudaannya, siswa-siswi cerdas tersebut telah menawarkan teladan dan teladan tidak hanya kepada siswa-siswa lain, tetapi juga kepada masyarakat yang lebih tua, untuk tetap optimis dalam mencapai kejayaan bangsa.

Atas jasa dan perjuangannya,  siswa-siswa cerdas tersebut telah memperoleh penghargaan berupa; bea siswa, satya lencana wirakarya, dan pemuatan biodata pada Hall of Fame di Departemen Pendidikan Nasional. Penghargaan lain berupa pemuatan cerita usaha mereka mencapai puncak prestasi sains di banyak sekali media, baik nasional maupun internasional. Penerbitan buku ini, selain sebagai bentuk penghargaan, juga untuk lebih mensosialisasikan usaha dan keberhasilan mereka sehingga lebih memotivasi siswa-siswa lain.

Detail Buku:

Judul: Prestasi Gemilang Anak Bangsa - Seri  Olimpiade Matematika, Informatika dan Astronomi
Penyusun  :Drs. Valentino Barus, Dra. MM. Tri S. Mildawani, MA,  Mahfud  Ikhwan, SS, Dra. Sugiarti, Dra. Dorina S, Drs. Putu Swasta
Penerbit: PT. Lestari Kiranatama
ISBN 978-602-8982-13-9
Baca-Download PDF: Google Drive

Post a Comment

0 Comments

close