Inilah 5 Buku Tertua Di Dunia

 Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis Inilah 5 Buku Tertua Di Dunia
Rumah Buku. Pusat Digital Dan Novel Digital Gratis. Setiap benda sudah niscaya mempunyai daya tarik tersendiri. Begitu pula dengan buku. Ia mempunyai sejarahnya sendiri. Pernahkah sahabat mencoba untuk menebak berapa usia buku yang tersimpan di lemari sobat?

Pada artikel kali ini, aku ingin menyebarkan gosip kepada sahabat semua bahwa ada beberapa buku yang usianya sudah sangat tua, bahkan sampai mengalahkan tahun Masehi.

Nah, ketika kita berbicara wacana buku tertua di dunia, masih ada hal lain yang sanggup menjadi perdebatan. Yaitu apa yang dimaksud dengan buku itu sendiri? Apakah buku harus mempunyai bentuk fisik cetak yang sanggup ditata rapi pada sebuah rak tertentu? Ataukah sesuatu yang tak berbentuk fisik tetapi mempunyai cerita, arti tertentu, dan makna yang terkandung?

Sejatinya, goresan pena dan buku yakni sesuatu yang diterbitkan dalam banyak sekali bentuk di atas banyak sekali medium, menyerupai sutra, lontar, tembikar dan tanah liat.

Di sini kita akan mendefinisikan buku sebagai sesuatu yang dicetak dalam beberapa lembaran pada medium yang telah ditentukan dan disatukan bersama dalam sebuah sampul sehingga sanggup disebut sebagai sebuah buku.

Nah, dari banyak sekali buku yang telah dikumpulkan oleh para jago dari banyak sekali pecahan dunia, ketika ini terdapat 5 buku yang dinobatkan sebagai buku tertua di dunia. Berikut ini 5 buku tertua di dunia yang aku kutip dari http://blog.digishelf.co.id. Mari kita simak satu per satu.


1. Etruscan Gold Book (2673 tahun)

 Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis Inilah 5 Buku Tertua Di Dunia

Etruscan Gold Book ditemukan sekitar 70 tahun yang kemudian ketika penggalian saluran Sungai Strouma di Bulgaria. Buku yang dibentuk pada tahun 66 SM ini diklaim sebagai buku tertua di dunia. Terdiri atas 6 lembaran emas 24 karat yang diikat menjadi satu memakai sebuah cincin. Lembarannya bertuliskan karakter Etruska, berisi pahatan kuda, kecapi, dan tentara.

Etruska yakni bangsa kuno yang bermigrasi dari Lydia—saat ini Turki—yang menetap di tengah-tengah Italia, sekitar tiga ribu tahun yang lalu. Jika sahabat ingin melihat fisik buku dengan aksara Etruska tersebut, sahabat sanggup berkunjung ke Museum Sejarah Nasional Bulgaria di Sofia.

2. Pyrgi Gold Tablets (2513 tahun)

 Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis Inilah 5 Buku Tertua Di Dunia

Pyrgi Gold Tablets diperkirakan sudah ada semenjak 500 SM yang terdiri dari tiga piringan emas dan ditemukan di Pyrgi, Italia, pada tahun 1964 ketika penggalian di sebuah daerah yang dianggap suci. Di setiap lempengan, terdapat tiga lubang di bab pinggirnya. Beberapa peneliti menduga bahwa dulunya ketiga piringan emas tersebut diikat menjadi satu.

Dua dari tiga Pyrgi Gold Tablets tertulis dalam teks Etruska, sedangkan satu lainnya dalam karakter Fenisia—dipercaya sebagai pengabdian Raja Thefarie Velianas kepada Dewi Fenisia, Astarte. Kini, ketiga piringan tersebut disimpan di Museum National Etruska di Roma, Italia.

3. Nag Hammadi Library (1693 tahun)

 Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis Inilah 5 Buku Tertua Di Dunia

Sekitar tahun 1945, seorang laki-laki di kota Nag Hammadi yang tidak diketahui namanya, menemukan sebuah buku yang terkubur dalam sebuah stoples yang disegel di Mesir bab utara. Buku yang kemudian disebut Nag Hammadi Library ini, terdiri atas 13 lembar kulit rotan yang diikat menjadi sebuah naskah kuno.

Buku ini berisi teks Gnostik yang berasal dari paruh pertama kala ke-4 Masehi. Bahasa yang dipergunakan yakni bahasa Koptik. Kini, Nag Hammadi Library telah digandakan dan sanggup ditemukan di Museum Koptik Kairo, Mesir.

 4. St. Cuthbert Gospel (1315 tahun)

 Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis Inilah 5 Buku Tertua Di Dunia

St. Cuthbert Gospel terkubur bersama dengan pemimpin awal umat Kristiani Inggris, St Cuthbert, sekitar tahun 698 Masehi, di Pulau Lindisfarne, Northumberland. Dengan alasan keamanan, Buku ini selanjutnya dipindahkan ke Durham untuk menghindari penjarahan bangsa Viking.

Buku ini kemudian ditemukan kembali pada 1104 M dengan goresan pena prasasti yang ditambahkan ke dalamnya. Pada tahun 2012, Perpustakaan Inggris membeli buku yang masih utuh ini seharga sembilan juta poundsterling sebagai bab dari sebuah kampanye pengumpulan dana.

5. The Book of Kells (1213 tahun)

 Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis Inilah 5 Buku Tertua Di Dunia

The Book of Kells diperkirakan sudah ada semenjak 800 Masehi. Buku karya biarawan Celtic tersebut merupakan manuskrip Perjanjian Baru yang berbeda alasannya yakni bernuansa “terang” dengan ornamen yang menarik. Saat ini, The Book of Kells disimpan di Trinity College Library di kota Dublin, Irlandia.

Akhirnya, Inilah 5 Buku Tertua Di Dunia yang aku bagikan kepada sahabat semuaJangan lupa beri komentar dan membagikan artikel ini ya. Terima kasih.


Semoga Bermanfaat
Salam


Post a Comment

0 Comments

close