Sang Raja Jin - Irving Karchmar

 berkisah wacana tujuh petualang gaib yang dilatar belakangi sejarah renta peninggalan Na Sang Raja Jin - Irving Karchmar
Rumah Buku. Novel Digital Gratis Sang Raja Jin berkisah wacana tujuh petualang gaib yang dilatar belakangi sejarah renta peninggalan Nabi Sulaiman. Ketujuh petualang gaib ini menjadi "retakan" penting yang terus dirawat dalam benak Ishaq. Mereka yaitu Ali, Rami, Rebecca, Kapten Simach, Profesor Freeman, Si Faqir, dan Ishaq.

Dalam novel ini Ishaq yaitu seorang juru tulis yang terus mendokumentasikan segala kejadian yang terjadi. Ishaq tak lain yaitu Karchmar itu sendiri.

Latar kisah kenabian Sulaiman menjadi magnet yang misterius dan mengundang rasa penasaran. Kisah Raja Sulaiman memang menyisakan misteri berkepanjangan. Sampai ketika ini harta karun peninggalan Nabi Sulaiman masih dipertanyakan keberadaannya. Raja penguasa angin, dunia binatang, jin, ilmu, dunia jin, ataupun kisah Ratu Sheba yang melingkupi yaitu kisah yang melegenda.

Konflik dongeng bermula ketika Kapten Simach menemukan silinder yang terbuat dari emas berisi gulungan papirus bertuliskan aksara alfabet Yahudi kuno. Temuan yang membuatnya gelisah ini memaksa Profesor Freeman turut terlibat. Freeman mencoba menyibak misteri ini lewat keahlian arkeologi purbanya. Namun, rasionalitas ilmuwan ini tak mampu untuk menerjemahkan teka-teki ini, sampai menyeret ketujuh orang ini ke "jalan badai". Demikian sebutan Irving untuk menunjuk sebagai jalan aktual yang harus ditempuh dan penuh ujian.

Sesungguhnya, petualangan berat yang menyeret ketujuh orang ini ke kota purba yang sejaman dengan Sulaiman penuh kejutan, ketegangan, dan hikmah yang dalam. Si Faqir, sang pemandu misterius, ternyata yaitu Ornias, jin-bertaring, pencuri permata semasa Sulaiman. Jin yang nekat menyamar sebagai seorang manusia.

Kehadiran Syekh Haadi sebagai wali Qutb beserta ketujuh muridnya menawarkan cahaya terperinci di dunia jin—Kota Jinnistan dan reruntuhan Tadmor. Dunia gelap penuh keputusasaan kawasan Baalzeboul, Raja Jin berpangku tangan, muncul setitik harapan, yakni seruan bertobat lewat "jalan cinta". Jalan ini bukan hanya milik insan saja, namun semua makhluk-Nya, termasuk jin (hlm. 261).

Barangkali bagi pembaca awam yang kurang memahami dunia tasawuf akan sedikit terbantu mengenali tradisi ini lewat deskripsi penulis; baik pada lembaran awal ataupun dalam glosari. Novel yang dimulai dari halaman sepuluh ini disisipi taburan puisi ataupun kutipan-kutipan bijak dari para sufi, filsuf, ataupun ayat-ayat suci.

Dunia para darwis atau sufi dapat Anda tangkap dari latar penggambaran Karchmar. Lingkaran persaudaraan gaib nampak pada lima lembar awal novel ini. Tanpa sebuah basa-basi panjang, Karchmar segera mengajak pembaca mengenali dunia para darwis. Novel Digital Gratis Sang Raja Jin ini mempunyai prolog pendek dan mengundang rasa ingin tau yang mendalam: MISTERI.


 berkisah wacana tujuh petualang gaib yang dilatar belakangi sejarah renta peninggalan Na Sang Raja Jin - Irving Karchmar

Post a Comment

0 Comments

close