Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Di Sekolah Teori Dan Praktik

Detail Buku:

Judul: Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah Teori dan Praktik
Penulis: Ulul Azam
Penerbit: Deepublish, 2016
ISBN: 978-602-401-384-4
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 262 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 1,69Mb

Deskripsi:

Dalam pernyataan lain, dikemukakan bahwa fungsi pendidikan nasional yakni berbagi kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dua aspek penting perihal konsep dasar dan fungsi pendidikan yang dikemukakan dalam UU No. 20 Tahun 2003 menunjukkan peluang dan ruang yang sangat terbuka bagi tugas bimbingan dan konseling dalam keseluruhan sistem pendidikan nasional. Peran bimbingan itu secara khusus tersurat dalam pernyataan: “Pendidikan yakni perjuangan sadar untuk menyiapkan penerima didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”. Ini berarti bahwa keberadaan bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan, baik formal non formal, maupun informal merupakan konsekuensi logis yang dikuatkan dengan landasan aturan sebagaimana aspek pendidikan menyerupai kurikulum pendidikan dan administrasi pendidikan. Dengan kata lain, kedudukan atau posisi bimbingan dan konseling merupakan bab integral dari keseluruhan aktivitas pendidikan.



Post a Comment

0 Comments

close