3 Perpustakaan Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia

Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis 3 Perpustakaan Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia
Rumah Buku. Pusat Digital Dan Novel Digital Gratis. Perpustakaan yaitu sebuah daerah yang sanggup menyediakan sumber informasi dan ilmu pengetahuan dalam bentuk koleksi buku-buku. Selain itu, perpustakaan juga yaitu daerah paling menyenangkan bagi kebanyakan orang yang gemar membaca. 

Namun, dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, keberadaan perpustakaan agaknya sedikit terpinggirkan. Alasannya, sebab buku-buku sanggup dengan gampang diakses dari perangkat genggam.

Dengan beberapa penemuan dan kreatifitas, beberapa perpustakaan di bawah ini bisa menampilkan konsep yang berbeda dari perpustakaan pada umumnya. Dilihat dari keberadaan atau bentuk bangunan bahkan media yang digunakan, perpustakaan berikut ini menjadi perpustakaan unik dan menciptakan kita ingin tau untuk mengunjunginya. Menariknya, perpustakaan ini, hanya ada di Indonesia. Yuk, mari kita lihat.

1. Perpustakaan Rumah Adat


Diantara sekian banyak Sopo (Rumah Adat Batak), ada sebuah bangunan unik yang sekarang dijadikan sebagai perpustakaan, yang diberi nama Sopo Belajar Lottung. Perpustakaan ini berlokasi di Huta Lontung Na Godang, Desa Pardomuan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Perpustakaan ini telah beroperasi semenjak 20 April 2010. Uniknya lagi, ternyata banguna 3 lantai ini telah berumur 200 tahun dan dulunya dipakai masyarakat sebagai lumbung padi dan daerah pertemuan.

Bangunan ini dikelola oleh Yayasan Alusi TaoToba yang sedang menggiatkan aktivitas "Samosir Membaca" dengan membuka beberapa kelas, diantaranya kelas baca, English For Fun, kelas menari, dll.

2. Perpustakaan Soeman HS

Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis 3 Perpustakaan Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia 

Perpustakaan ini dibangun oleh pemerintah Provinsi Riau dengan APBD Riau yang dianggarkan dalam gerakan pendidikan Riau Membaca yang diresmikan Wapres Muhammad Jusuf Kalla pada tahun 2008.

Perpustakaan ini dilengkapi 6 lantai guna memenuhi kemudahan publik berupa ruang baca, auditorium, bilik budaya melayu, atrium, ruang pertemuan, ruang Internet, Musholla, Café, kantin dan Energy Corner (Chevron Library)

Desainnya unik terinsipirasi dari ganjal baca Al-Quran sekilas juga seolah-olah dengan buku yang sedang terbuka.

3.  Perpustakaan Kontainer

Pusat  Digital Dan Novel Digital Gratis 3 Perpustakaan Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia

Biasanya kontainer paling sering kita lihat di pelabuhan-pelabuhan. Kontainer dipakai sebagai daerah penyimpanan. Namun, ada yang berbeda di kota Batu, Malang. Disana, kita akan menjumpai 7 kontainer unik yang disulap menjadi perpustakaan.

Perpustakaan ini di beri nama "Taman Baca & Poli Gigi Amin". Kontainer dengan warna-warni ini bisa menampung sekitar 6.000 koleksi buku dengan banyak sekali tema. Peprustakaan kontainer ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata kita saat berkunjung ke Malang. Selain kemudahan ini gratis, perpustakaan ini juga mempunyai jam operasi yang cukup unik, yakni 7 jam, dari jam 14.00 siang sampai jam 21.00 malam.

Demikian ulasan aku mengenai 3 Perpustakaan Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia. Di Artikel selanjutnya, aku akan membagikan artikel yang lebih lengkap mengenai perpustakaan-perpustakaan di Indonesia dan dunia.


Terimakasih telah berkunjung..


Salam,
Dari Sahabatmu,

Burhanuddin Mihada
0852 9868 3313
549293CC

Post a Comment

0 Comments

close