Empress Orchid Karya Anchee Min

 Novel Empress Orchid Karangan Anchee Min ini merupakan Empress Orchid karya  Anchee Min
Novel Empress Orchid Karangan Anchee Min ini merupakan Drama Cinta dan Kekuasaan Selir Muda Kaisar Hsien Feng

Pada sebuah senja di Kota Terlarang, terukir kisah seorang selir muda yang di lalu hari menjadi kaisar perempuan terakhir di China dan tercatat dalam sejarah sebagai perempuan yang paling usang berkuasa di sana. Inilah epik menawan wacana Tzu Hsi yang cantik, dipanggil Anggrek, seorang gadis desa yang mencari kekuasaan lewat rayuan, pembunuhan, dan intrik-intrik politik.

Ketika China terancam oleh musuh dari luar, sepertinya hanya ia yang bisa menyatukan negeri tersebut. Seorang perempuan yang berhasil bertahan dan kesannya mendominasi... dunia laki-laki.

Drama cinta dan kekuasaan selir muda Kaisar Hsien Feng... Indah, menawan, dan penuh intrik.

Tzu Hsi Yehonala, atau yang dalam bahasa Cina berarti anggrek ialah seorang Maharani, terlebih ia kaisar perempuan yang paling usang berkuasa di Cina. Tapi Anggrek tidak mencapai posisi itu dengan mudah. Dia yang dulu hanyalah gadis desa, berhasil mendapatkan kekuasaan lewat rayuan, intrik politik, dan kecerdasan luar biasa.
Anggrek dulu hanyalah gadis berumur 17 tahun dari klan Yehonala, salah satu klan penguasa Manchu di Cina. Ditinggal mati ayahnya seorang mantan gubernur miskin, Anggrek dan keluarganya harus mencari cara untuk hidup di tengah kerasnya dunia. Sebagai anak sulung, Anggrek akan melaksanakan segala cara untuk melindungi keluarganya, termasuk menikahi sepupunya yang terbelakang. Nasib baik melindunginya, alasannya ialah sebelum pernikahannya, ada pemberitahuan dari istana bahwa Kaisar Hsien Feng sedang mencari istri. Merasa dirinya memenuhi syarat, Anggrek pun mengumpulkan keberaniannya dan menghadap Kantor Pemerintah. Beruntung, ia diloloskan dan menjalani investigasi ketat untuk menjadi istri. Para kasim dan dayang meloloskan dirinya, dan beberapa bulan kemudian, bersama dua ratus orang gadis Manchu lainnya, Anggrek pun berangkat ke istana.

Dalam pertemuannya dengan Kaisar Hsien Feng, Anggrek menciptakan sang Kaisar tertarik dengan kegugupan dan senyum rahasianya. Kaisar pun dengan ringan meloloskan dirinya sebagai salah satu dari tujuh istri resmi Kaisar. Anggrek sulit mempercayai dirinya sendiri ketika ia kesannya menjadi Selir tingkat keempat Kaisar. Membawa gairah dan harapan, Anggrek berambisi menjadi selir kesayangan Kaisar. Tapi malang baginya, ternyata Kaisar telah melupakannya. Anggrek sekarang hanyalah salah satu dari 3000 Selir Istana. Pantang mengalah dan dengan pertolongan kasim setianya An-te-hai, Anggrek kesannya berhasil memikat Kaisar dan menjadi selir kesayangannya.

Hidup di Kota Terlarang bagaikan peperangan dalam merebut perhatian Kaisar, satu-satunya lelaki dari 3000 perempuan di sana. Berkali-kali Anggrek berusaha dijebak alasannya ialah kecemburuan para wanita, terutama Nuharoo sang Permaisuri. Dalam pertahanannya, belakang layar tiap malam Anggrek mencar ilmu dari Kaisar wacana politik ketika Kaisar menceritakan traktrat-traktat Cina dengan bangsa asing. Politik ialah dunia yang dianggap tabu bagi wanita, tapi Anggrek dengan kecerdasannya berhasil menutupi kepandaiannya sampai saatnya muncul.

Kaisar Hsien Feng ialah Kaisar yang lemah, yang tergantung pada Su Shun penasihat utamanya. Tak jarang ia menciptakan Anggrek putus asa dengan kesombongannya, ketidaksensitifannya, dan kepengecutannya. Saat Anggrek sedang hamil tua, ia bersenang-senang dengan para gadis Cina dan menelatarkan Anggrek. Perhatiannya gres kembali ketika Anggrek melahirkan seorang bayi pria yang diberi nama Tung Chih. Tapi kebahagiaan Anggrek akan perhatian Kaisar yang kembali tidak bertahan lama. Kaisar Hsien Feng kesannya meninggal dunia pada umurnya yang begitu muda alasannya ialah penyakit dan stress, tiga puluh tahun, meninggalkan permaisuri dan selir-selirnya.

Gigih mengajari anaknya Tung Chih sang Kaisar Muda semoga tidak mengikuti jejak ayahnya, Anggrek mendapatkan perlakuan masbodoh dan pemberontakan dari sang Kaisar Muda. Tung Chih malah erat dengan Nuharoo, menciptakan Anggrek merasa cemburu dan semakin kesepian. Anggrek di tengah penderitaannya bertemu Yung Lu, bawahan Su Shun yang pandai, tampan, dan setia padanya. Tapi Anggrek harus melawan kebutuhannya akan keintiman, alasannya ialah statusnya sebagai janda Kaisar tidak mengizinkannya mempunyai hubungan apapun dengan lelaki.

Anggrek mendapatkan segalanya, tetapi juga kehilangan segalanya. Harga dari keberhasilannya bertahan ialah sederetan pengorbanan eksklusif serta penderitaan. Kesepian yang mendalam ialah harga yang harus ditanggungnya sebagai seorang Maharani. Anggrek ialah perempuan yang berhasil berhasil bertahan dan kesannya mendominasi... dunia laki-laki.

Mengapa mataku gagal menemukan kesenangan di ruangan yang penuh dengan harta benda ini? Pelayan-pelayan mendaniku dengan jubah-jubah cantik. Aku berjalan ke meja rias, dan melihat kecantikan tiada tara. Aku berputar mengamati perlengkan kamar, panel-panel mozaiknya yang penuh dengan kerikil mulia dan hasil panen yang berlimpah. Hatiku menjerit : Apa lagi yang masih, bisa, dan berani kamu inginkan, Anggrek?

Detail Buku :

Judul : Empress Orchid - Drama Cinta dan Kekuasaan Selir Muda Kaisar Hsien Feng
Penulis : Anchee Min
Penerjemah : Dian Guci
Penerbit : Hikmah Publishing
ISBN : 979-979-114-149-9
Baca - Download : Box.com
  

Post a Comment

0 Comments

close